Kecemasan Wali Murid SDN 3 Bangunsari Ponorogo dalam Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

Rozaq, Abdul (2021) Kecemasan Wali Murid SDN 3 Bangunsari Ponorogo dalam Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Abdul Rozaq.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rozaq, Abdul. 2021. Kecemasan Wali Murid SDN 3 Bangunsari Ponorogo dalam Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid 19. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam. Fakultas Ushuldin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. pembimbing Muhamad Nurdin, M.Ag.

Kata Kunci : Kecamasan, Covid 19, Penanganan Kecemasan
Kecemasan wali murid SDN 3 Bangunsari Ponorogo timbul karena tidak adanya proses belajar mengajar atau tatap muka di sekolah antara murid dan guru, hal ini disebabkan karena adanya pandemi covid-19. Orang tua harus mengawasi anaknya secara lebih agar anak dapat belajar secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor-faktor penyebab timbulnya kecemasan pada wali murid SDN 3 Bangunsari?, bagaimana wali murid SDN 3 Bangunsari dalam menyikapi kecemasan dalam membimbing anak belajar?.

Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif, penulis akan menggambarkan dan menguraikan secara faktual apa yang dilihat dan ditemukan dari objek penelitian ini. Teknik yang digunakan adalah metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa faktor-faktor timbulnya kecemasan adalah kurangnya ilmu pengetahuan orang tua dalam mata pelajaran anak, kurangnya waktu dalam mendampingi belajar anak, dan kurangnya pendidikan orang tua. Dalam menyikapi hal tersebut, wali murid memberikan tambahan pendampingan dalam belajar dengan meminta bantuan pihak lain, yaitu lembaga-lembaga atau mendatangkan guru privat ke rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:47
Last Modified: 03 Jun 2021 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item