(LENGKAPI LEMBAR PENGESAHAN DENGAN STEMPEL, GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM PESANTREN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK SUNAN KALIJAGA SAMPUNG PONOROGO

ROHMAD, ROHMAD (2021) (LENGKAPI LEMBAR PENGESAHAN DENGAN STEMPEL, GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM PESANTREN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK SUNAN KALIJAGA SAMPUNG PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis_Rohmad.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM PESANTREN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK SUNAN KALIJAGA SAMPUNG PONOROGO

ABSTRAK

Pendidikan karakter atau pendidikan akhlak merupakan arah utama yang dituju oleh lembaga pendidikan. Kegiatan ekstrakurikuler yang selama ini diselenggarakan sekolah merupakan salah satu media yang potensial untuk pembinaan karakter. Selain itu, dalam menentukan keberhasilan tersebut, selain kurikulum tertulis, juga adanya kurikulum tersembunyi yang disebut hidden curriculum. Penerapan hidden curriculum di sebuah lembaga pendidikan diharapkan dapat membentuk kepribadian dan karakter peserta didiknya. SMK Sunan Kalijaga Sampung merupakan SMK berbasis Pondok Pesantren Al-Bukhori, yang dalam upaya pengembangkan karakter religius siswanya tidak tergantung pada kurikulum tertulis dari mata pelajaran pendidikan agama Islam saja, tetapi diinternalisasikan dengan hidden curriculum pesantren. Latar belakang implementasi hidden curriculum pesantren kegiatan tersebut, karena banyak siswa SMK Sunan Kalijaga yang basik agamanya dan pemahaman agama Islam masih minim, kurangnya adab sopan santun, perilaku yang tidak mencerminkan nilai keislaman maupun kepesantrenan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model akhir yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data Display), dan penarikan kesimpulan (conclution). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: Kebijakan hidden curriculum pesantren sudah terencana sesuai visi misi sekolah, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun bentuk-bentuk hidden curriculum pesantren yang diterapkan dalam pengembangan karakter rekigius siswa di SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo sebagai berikut: pembiasaan shalat dhuha, tadarus al-qur’an budaya musyafahah, shalat dhuhur berjama’ah, khataman al-qur’an, pembacaan asmaul husna, PHBI, tahlil. istighotsah, penyembelihan kurban, dan ziaroh wali. Pelaksanaan hidden curriculum pesantren di SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo sudah terlaksana dengan cukup baik. Strategi yang digunakan adalah; pembiasaan, keteladanan, kedisiplinan, dan religius culture. Implikasi pelaksanaan hidden curriculum pesantren di SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo berdampak pada peningkatan karakter religius siswa yang meliputi nilai akidah, ibadah, dan akhlak.

IMPLEMENTATION OF HIDDEN CURRICULUM PESANTREN TO IMPROVE THE STUDENT’S RELIGIOUS CHARACTERS AT SMK SUNAN KALIJAGA SAMPUNG PONOROGO

ABSTRACT

Character education or moral education is the main direction that educational institutions are aiming for. Extracurricular activities that have been held by schools so far are one of the potential media for character building. In determining this success, in addition to the existing curriculum, there is also a potential curriculum called a hidden curriculum. The implementation of a hidden curriculum in an educational institution is expected to form the personality and character of its students. SMK Sunan Kalijaga Sampung is a Vocational High School based on the Al-Bukhori Islamic Boarding School, which in an effort to improve the student’s religious character does not depend on an existing curriculum from Islamic religious education subjects, but is internalized by the hidden curriculum of pesantren. The implementation of the hidden curriculum of pesantren is needed because many students of SMK Sunan Kalijaga have minimal basic knowledge and understanding of Islam, lack of courtesy, and behavior that does not reflect Islamic values. This research is a qualitative research. Data collection techniques taht used are interviews, observation, and documentation. While the data analysis technique that used is the final model analysis which includes data reduction, data display, and conclusion. The result of this research indicate that: Pesantren's hidden curriculum policy has been planned according to the school's vision and mission, which includes planning, organizing, implementing, and evaluating. The hidden curriculum forms of pesantren which are applied in developing student’s religious character at SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo are: habituation of dhuha prayers, tadarus al-Qur'an, musyafahah culture, dhuhur prayer jama’ah, khataman al-Qur'an, recitation asmaul husna, PHBI, tahlil, istighotsah, kurban, and ziarah wali. The implementation of the hidden curriculum of pesantren at SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo has been carried out quite well. The strategies that used are; habituation, exemplary, discipline, and religious culture. The implication of implementing the hidden curriculum of pesantren at SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo has an impact on increasing the student’s religious character which includes the values of faith, worship, and morals.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: NUR KOLIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:46
Last Modified: 03 Jun 2021 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14757

Actions (login required)

View Item View Item