Nilai-Nilai Moral dalam Bab Al-Birr Was Shilah Kitab Bulughul Maram Karya Ibnu Hajar Al-Asqalani Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah

Pambudi, Emha Zain (2021) Nilai-Nilai Moral dalam Bab Al-Birr Was Shilah Kitab Bulughul Maram Karya Ibnu Hajar Al-Asqalani Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
21017168_EMHA ZAIN PAMBUDI_PAI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pambudi, Emha Zain. 2021. Nilai-Nilai Moral Dalam Bab Al-Birr Was Shilah Kitab Bulughul Maram Karya Ibnu Hajar Al-Asqalani Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Fery Diantoro, M.Pd.I.

Kata Kunci: Nilai Moral, Kitab Bulughul Maram, Materi Akidah akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah

Dunia pendidikan akhir-akhir ini menghadapi persoalan yang kompleks, merebaknya isu-isu moral di kalangan remaja seperti penggunaan narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba), tawuran, dan lain-lainnya sudah menjadi masalah sosial yang sampai saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Karena hal tersebut, untuk membentuk dan membangun moral siswa yang baik, maka perlu adanya pengetahuan, latihan, bimbingan dan lingkungan yang kondusif. Hal tersebut bisa dilakukan dengan pengajaran menggunakan kitab bulughul maram dan dengan materi akidah akhlak agar siswa memiliki moral yang baik dan mantap.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhan, dengan diri sendiri, dan dengan manusia lain dalam bab al-birr was shilah kitab Bulughul Maram dan relevansinya dengan materi akidah akhlak kelas XII.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian library research. Dalam penelitian library research analisis data menggunkan analisis isi. Sedangkan pendeketan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan: nilai-nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhan yakni tidak menyekutukan Allah dan yakin kepada Allah. Dengan diri sendiri yakni kerja keras, dan penuh kasih. Dengan manusia lain yakni tolong-menolong, berbakti kepada orang tua, suka memberi, ramah, menolong orang lain, mengajak kepada kebaikan, menjalin silaturrahim, tidak saling mencaci, dan larangan berseteru dengan saudara muslim melebihi tiga hari. Terdapat relevansi nilai-nilai moral tersebut dengan materi akidah akhlak kelas XII Madrasah Aliyah yakni tidak menyekutukan Allah dengan al-asma al-husna al-khaliq, yakin kepada Allah dengan al-asma al-husna al-hasib, kerja keras dengan akhlak terpuji kreatif, penuh kasih dengan adab bergaul dengan teman sebaya, tolong-menolong dengan adab bergaul dengan teman sebaya, berbakti kepada orang tua dengan adab bergaul dengan yang lebih tua, suka memberi, ramah, dan mengajak kepada kebaikan dengan kompetisi dalam kebaikan, menolong orang lain dengan amal shalih, menyambung silaturrahim dengan ukhuwah, tidak saling mencaci maki dengan ghibah, larangan berseteru dengan saudara muslim melebihi tiga hari dengan larangan bergaul dengan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:44
Last Modified: 03 Jun 2021 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item