..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)...Pembelajaran Kitab Fiqih Fathul Qorib Kelas XI A IPS di MA Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo

Priani, Zulfa Okta (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)...Pembelajaran Kitab Fiqih Fathul Qorib Kelas XI A IPS di MA Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317296_ZULFA OKTA PRIANI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Priani, Zulfa Okta. 2021 Pembelajaran Kitab Fiqih Fathul Qorib Kelas XI A IPS di MA Sulamul Huda
Siwalan Mlarak Ponorogo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M. Ag.

Kata Kunci : Kontribusi, Pembelajaran Berbasis Kitab Kuning, Pemahaman Siswa

Pendidikan merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pendidikan dapat mengembangkan bakat seseorang ke tingkat yang optimal dengan tujuan agar manusia dapat berperan serta secara terhormat dalam mencapai harkat hidup yang lebih tinggi. Kemajuan pendidikan di Indonesia terbilang cukup pesat seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan kemajuan teknologi menambah sumber belajar bagi guru dan siswa. Dampak negatifnya tak sedikit dari mereka kini enggan belajar langsung ilmu agama, banyak yang lebih memilih belajar ilmu agama dari media sosial. Hal ini mengakibatkan masih maraknya terjadi kenakalan remaja karena porsi ilmu agama di sekolah hanya memiliki porsi yang sedikit. MA Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo adalah salah satu lembaga pendidikan yang melakukan integrasi pendidikan, antara pendidikan agama dengan pendidikan umum yang sistem pembelajarannya berbasis kitab kuning. Hal ini bertujuan agar dapat berkontribusi lebih dan menambah pemahaman pada siswa sehingga dapat menekan angka kenakalan pada siswa. Maka dari itu peneliti memilih judul kontribusi pembelajaran berbasis Kitab Fathul Qorib dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Hudud kelas XI A IPS di MA Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan implikasi pembelajaran berbasis Kitab Fathul Qorib materi Hudud di kelas XI A IPS MA Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo, serta memaparkan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Kitab Fathul Qorib materi Hudud di kelas XI A IPS MA Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi khasus, dengan menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument kunci dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, sedangkan informannya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran berbasis Kitab Fathul Qorib mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Hudud kelas XI A IPS di MA Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo menggunakan metode sorogan dan peta konsep, yang dilaksanakan setiap hari Senin pukul 08.30-09.50 WIB, dengan guru Fiqih ustad Jamali. Sebelum melanjutkan pembelajaran, akan diberikan pertanyaan kepada siswa sebagai salah satu bentuk evaluasi pembelajaran. (2) Implikasi faktor pendukung kegiatan pembelajaran berbasis kitab Fathul Qorib mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Hudud kelas XI A IPS MA Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo adalah adanya lingkungan yang mendukung kegiatan pembelajaran berbasis kitab kuning, guru yang memiliki wawasan luas serta paham dengan karakter siswa, selain itu terdapat sarana prasarana yang memadai yang dapat menunjang proses pembelajaran berlangsung, sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran berbasis kitab Fathul Qorib mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Hudud kelas XI A IPS di MA Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo adalah seringnya kegiatan malam OPSH yang menyebabkan rasa kantuk dan lelah pada siswa saat mengikuti pembelajaran di kelas. Pembelajaran berbasis kitab Fathul Qorib mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Hudud di kelas XI A IPS dinilai efektif dan berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai hukum, manfaat, serta larangan yang ada di dalam bahasan Hudud, sehingga dapat menekan angka kenakalan pada siswa. Hal ini terbukti dengan tidak adanya catatan pelanggaran kasus siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:34
Last Modified: 03 Jun 2021 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14755

Actions (login required)

View Item View Item