Upaya Penguatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid 1 di Madrasah Diniyah Al-Fadhiliyah Ngrupit Jenangan Ponorogo

Wirdiyana, Aniq Widad (2021) Upaya Penguatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid 1 di Madrasah Diniyah Al-Fadhiliyah Ngrupit Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-thesis aniq widad.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wirdiyana, Aniq Widad. 2021. Upaya Penguatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid 1 di Madrasah Diniyah Al-Fadhiliyah Ngrupit Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci: Penguatan, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Kitab Al-Akhlak Lil Banin.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus perilaku negatif para anak-anak di zaman sekarang, yang kurang memiliki akhlak yang baik dan sopan santun yang luhur di masyarakat. Hal ini dapat mengakibatkan krisis moral. Di zaman yang semakin maraknya krisis moral dan akhlak ini, penanaman pendidikan karakter sangat dibutuhkan. Penanaman pendidikan karakter tak cukup hanya dilakukan di dalam lingkup keluarga, namun juga lembaga-lembaga pendidikan, terutama lembaga pendidikan keagamaan. Madrasah Diniyah Al-Fadhiliyah Ngrupit, Jenangan, Ponorogo merupakan lembaga pedidikan keagamaan yang di dalamnya mengutamakan pembentukan akhlak dan kepribadian para peserta didik dengan menggunakan kitab Al-Akhlak Lil Banin dan kitab-kitab klasik lainnya, sehingga peserta didik memiliki karakter yang baik dan menjadi penerus bangsa yang cemerlang.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid 1 karya Syeikh Umar Baradja, 2) Untuk mengetahui upaya penguatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Al-Akhlak Lil Banin jilid 1 di Madrasah Diniyah Al-Fadhiliyah Ngrupit, Jenangan, Ponorogo.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin jilid 1 karya Syeikh Umar Baradja diantaranya adalah: Religius (akhlak kepada Allah, akhlak kepada Rasulullah, dan toleransi), disiplin, menepati janji, peduli lingkungan, cinta kebersihan, dan nilai-nilai keluarga (sopan santun, menghormati orang lain, akhlak keapada ibu, akhlak kepada bapak, akhlak kepada saudara, akhlak kepada kerabat, akhlak kepada pembantu, akhlak kepada tetangga, akhlak kepada guru, akhlak kepada teman, akhlak dalam berjalan, akhlak siswa di sekolah, dan toleransi), 2) Upaya penguatan nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Al-Akhlak Lil Banin di Madrasah Diniyah Al-Fadhiliyah Ngupit yakni: a) Nilai religius (akhlak kepada Allah, akhlak kepada Rasulullah, dan toleransi), nilai kedisiplinan, nilai cinta kebersihan, dan nilai-nilai keluarga. Dimana dari keempat nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin ini, sudah terimplementasikan dengan baik dan mulai adanya penanaman lebih untuk menguatkan nilai pendidikan karakter tersebut kepada para murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:28
Last Modified: 03 Jun 2021 05:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14751

Actions (login required)

View Item View Item