..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Hak Guna Sewa Tanah Perhutani Di Desa Tinasat Gesing Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri

Anisah, Siti (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Hak Guna Sewa Tanah Perhutani Di Desa Tinasat Gesing Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PDF ANISA W.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Anisah, 2021. Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Hak Guna Sewa Tanah Perhutani di Desa Tinasat Gesing Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Abdul Mun’im, M.Ag.
Jual beli yang sesuai syariat Islam adalah jual beli yang tidak mengandung kerugian unsur penipuan, kesamaran dan riba. Juga hal lain yang mengakibatkan kerugian pada salah satu pihak. Praktek jual beli yang terjadi pada masyarakat Desa Tinasat Gesing adalah jual beli hak guna sewa tanah Perhutani di Desa Tinasat Gesing Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri. Sebagaimana yang terjadi antara masyarakat dengan Pemerintah yaitu akad sewa menyewa tanah perhutani. Pemerintah bekerjasama dengan masyarakat di Desa Tinasat Gesing. Kemudian masyarakat mengalihkan hak sewanya kepada masyarakat dengn cara jual beli. Tanah tersebut adalah milik penuh pemerintah bukan merupakan milik dari penjual, penjual hanya berhak memanfaatkan tanah tersebut tanpa bisa memiliki dengan penuh.
Dari latar belakang di atas penulis menggunakan dua rumusan masalah dalam penelitian. (1) Bagaiman tinjauan Hukum Islam terhadap akad jual beli hak guna sewa tanah Perhutani di Desa Tinasat Gesing Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri?. (2)Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap praktek jual beli hak guna sewa tanah Perhutani di Desa Tinasat Gesing Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri?.
Di dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (Field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dengan cara editing, organizing dan penemuan hasil riset, selanjutnya data dianalisis menggunakan metode dedukatif. Kemudian Dianalisis dengan hukum islam.
Hasil penelitian ini menyimpulakan bahwa: (1) Akad jual beli tanah di lahan perhutani di desa Tinasat Gesing kecamatan Kismantoro kabupaten Wonogiri dilakukan secara lisan, sementara kesepakatan mengenai harga tanah terjadi antara petani penjual dan pembeli, kemudian akad tersebut dalam hukum Islam dikatakan sah karena sudah memenuhi rukun-rukun dalam akad. (2) Praktek jual beli tanah di lahan perhutani tidak sesuai syarat jual beli. Pada dasarnya praktik jual beli tanah di lahan perhutani di desa Timasat Gesing merupakan jual beli gharar (suatu yang tidak berketentuan, sesuatu yang gelap) subjek dan objek jual beli tersebut tidak ada pertimbangan dari pihak perhutani yang masih memiliki status kepemilikan yang sah. Meski antar petani penjual dan petani pembeli sudah ada kesepakatan antara kedua belah pihak dengan landasan suka sama suka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:25
Last Modified: 03 Jun 2021 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14743

Actions (login required)

View Item View Item