TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMILIHAN PASANGAN DI DESA KUTU WETAN KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO

Taqiya, Fa'izah Fauza (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMILIHAN PASANGAN DI DESA KUTU WETAN KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
FAIZAH_FAUZA_TAQIYA[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Hukum Islam, Pemilihan Calon Pasangan

Memilih pasangan hidup merupakan hal yang perlu diperhatikan sebagai awal jenjang pernikahan. Salah satu norma dalam Islam, berkaitan dengan memilih pasangan yang paling utama yaitu memilih calon yang agamis, religius atau shalihah. Selain itu, memilih pasangan kualitas nasab, produktif (subur), diutamakan yang perawan. Namun dalam pemilihan calon pasangan ini pasti tentu terdapat permasalahan yang ditemukan. Faktanya saat ini adanya perbedaan dengan kriteria yang sudah ditentukan sesuai norma Islam, bukan berati hal tersebut salah tapi terdapat kriteria yang jarang diperhatikan masyarakat ketika memilih calon pasangan. Seperti halnya pernyataan dari informan di Desa Kutu Wetan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo yang mengatakan bahwa dirinya menentukan kriteria pasangan hanya berdasarkan pandangan lahiriah. Pada kenyataannya, dari beberapa informan tersebut, mayoritas tidak ada yang menjadikan agama sebagai prioritas agama dalam memilih pasangan, hanya sekadar seagama saja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemilihan pasangan di Desa Kutu Wetan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo? (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap argumentasi dalam pemilihan pasangan di Desa Kutu Wetan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo?
Penelitian yang penulis lakukan termasuk penelitian lapangan (field research), penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu teknik sampel dimana pengambilan sampel berdasarkan kapasitas. Penulis mengambil sampel enam pasangan yang telah menikah di tahun 2015 dan masih menetap di Desa Kutu Wetan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam praktik pemilihan pasangan di Desa Kutu Wetan yaitu: (1) dalam pemilihan pasangan belum sesuai dengan hukum Islam yaitu kualitas agama pasangan diprioritaskan, mayoritas masyarakat di desa Kutu Wetan masih minim akan keutamaan agama, baik dalam hal keberagaman kesalehan individu dan kesalehan sosial yang terjaga dengan baik. (2) Hukum Islam memandang terjadinya kecenderungan dalam pemilihan pasangan di desa Kutu Wetan ini terdapat beberapa argumenatsi seperti faktor pendidikan, faktor sosial/lingkungan dan faktor keluarga. Pada faktor pendidikan karena banyak masyarakat yang bukan lulusan sekolah Islam dan tidak ada sosialisasi. Pada faktor keluarga ada yang tidak mendukung, serta faktor lingkungan yang sangat jauh dari kehidupan yang agamis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:26
Last Modified: 02 Jun 2021 08:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14738

Actions (login required)

View Item View Item