efektifitas model pembelajaran think pair share (tps) terhadap minat dan hasil belajar efektifitas model pembelajaran think pair share (tps) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi segi banyak kelas iv siswa pada mata pelajaran matematika materi segi banyak kelas iv

Yuliani, Via (2021) efektifitas model pembelajaran think pair share (tps) terhadap minat dan hasil belajar efektifitas model pembelajaran think pair share (tps) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi segi banyak kelas iv siswa pada mata pelajaran matematika materi segi banyak kelas iv. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ethesis 210617124 Via Yuliani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurangnya minat belajar dan kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran, berdampak pada hasil belajar matematika siswa yang cenderung rendah.Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Think Pair Share. Model ini menuntut siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan dengan pasangannya dan mempresentasikan hasil kerjanya.
Penelitian ini bertujuanUntuk mengetahui (1) Perbedaan minat belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas eksperimen) dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas kontrol), (2) Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas eksperimen) dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas kontrol), (3)Perbedaan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas eksperimen) dan (kelas control) yang tidak menggunakan model pembelajaran Think Pair Share ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa kelas IV.
Sampel dalam penelitian ini kelas ekperimen berjumlah 20 siswa dan kelas control berjumlah 20 siswa. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif.Pengumpulan data melalui angket dan tes. Dengan desain quasi eksperimen jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah MANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat perbedaan minat belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas eksperimen) dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas kontrol) pada mata pelajaran matematika materi segi banyak. Setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen minat belajar meningkat sebesar 72,15 sedangkan pada kelas kontrol meningkat sebesar 72,1.(2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas eksperimen) dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas kontrol) pada mata pelajaran matematika materi segi banyak. Setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen hasil belajar meningkat sebesar 80,75 sedangkan pada kelas kontrol meningkat sebesar 72,55. (3) Terdapat perbedaan kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Think Pair ShareI (kelas kontrol) ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa kelas IV. Setelah diberi perlakuan minat dan hasil belajar sama-sama mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:10
Last Modified: 02 Jun 2021 08:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14734

Actions (login required)

View Item View Item