..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Kawin Lelang Di Desa Tawangrejo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi (Tinjauan Hukum Islam)

Saraswati, Saraswati (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Kawin Lelang Di Desa Tawangrejo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi (Tinjauan Hukum Islam). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Saraswati 210117094 Naskah perpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wati, Saras 2021. “Kawin Hamil Di Desa Tawangrejo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi (Tinjauan Hukum Islam).” Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Dr. H. Agus Purnomo, M.Ag.
Kata Kunci : Pernikahan, Kawin Hamil, Kawin Lelang.
Semakin berkembangnya zaman dan semakin maraknya pergaulan bebas pada zaman sekarang ini banyak menyebabkan pernikahan tidak sesuai seperti yang ada di dalam hukum Islam. Salah satunya adalah pernikahan lelang, yaitu pada saat menentukan calon suami masyarakat Desa Tawangrejo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi melelang calon suami wanita hamil karena telah melakukan hubungan pra nikah dengan dua laki-laki sampai akhirnya menyebabkan wanita tersebut hamil di luar nikah dan mereka sama-sama ingin bertanggungjawab. Itulah yang dinamakan pernikahan lelang. Hal ini berlawanan dengan syariat Islam, namun bagi masyarakat Desa Tawangrejo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi itu sudah menjadi cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Dari latar belakang di atas penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini yang meliputi: (1) Bagaimana status kawin lelang di Desa Tawangrejo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi ditinjau dari Hukum Islam? (2) Bagaimana status anak pelaku kawin lelang ditinjau dari Hukum Islam?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Tawangrejo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi. Pendekatan penelitian mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara.
Hasil penelitian yang penulis lakukan tersebut yaitu, Penentuan calon suami wanita hamil di luar nikah dengan cara lelang di Desa Tawangrejo sesungguhnya masuk dalam wanita hamil dalam kajian fiqih. Menurut para fuqaha yaitu tentang masalah kawin hamil dengan pria yang menghamil ataupun bukan menghamili, ada yang membolehkan. Imam Shafi’i dan Imam Hanafi yang membolehkan pernikahan wanita hamil di luar nikah baik dengan yang menghamili maupun yang bukan menghamili. Kemudian tidak ada larangan secara jelas mengenai pelaksanaan pernikahan lelang ini, biar bagaimanapun juga, perkawinan ini dilaksanakan demi untuk kemaslahatan bersama, dan sebelumnya juga sudah dimusyawarahkan dari pihak-pihak yang bersangkutan, sedangkan proses perkawinannya dilaksanakan sesuai dengan syariat yang ada serta memenuhi rukun dan syarat perkawinan yang berlaku. Terkait penentuan terhadap status anak wanita hamil di luar nikah dengan cara lelang di Desa Tawangrejo menurut fuqaha adalah anak zina, dan akibatnya anak zina hanya memiliki nasab dan saling mewarisi dengan ibu dan keluarga ibunya saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:26
Last Modified: 02 Jun 2021 08:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item View Item