Tinjauan Maslahah Terhadap Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 17 Tahun 2011 Terhadap Pengadaan Dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian Pada Tingkat Pengecer

Sismayanti, Leni (2021) Tinjauan Maslahah Terhadap Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 17 Tahun 2011 Terhadap Pengadaan Dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian Pada Tingkat Pengecer. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210214289_LENI_SISMAYANTI_HES[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sismayanti, Leni, NIM: 210214289, 2018. “Tinjauan Maslahah Terhadap implementasi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 17 Tahun 2011 Terhadap Pengadaan Dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian Pada Tingkat Pengecer. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Rohmah Maulidia, M. Ag .

Kata kunci: Maslahah, Sistem Distribusi, Peraturan Pemerintah
Realitas yang nampak dalam masyarakat adalah banyak terjadi ketidakadilan, ketimpangan dan penyimpangan distribusi barang dan jasa yang mengakibatkan kelangkaan, dan akhirnya berdampak pada kenaikan harga barang di pasaran. Islam sebagai agama yang rahmah lil 'alamin diharapkan mampu memberikan alternatif pemecahan terhadap problem ekonomi umat, khususnya pada sistem distribusi pupuk bersubsidi, mulai dari proses pendistribusian beserta isu penyimpangan distribusinya, yang kemudian dianalisis menggunakan perspektif hukum Islam sebagai solusi agar sistem pendistribusian yang sudah ada dapat menjamin kelancaran pengadaan dan penyaluran pupuk serta ketersediaan pupuk di kalangan petani.
Rumusan Masalah dalam penelitian adalah Bagaimana Tinjauan Maslahah terhadap Implementasi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 17 Tahun 2011 Terhadap Tugas dan Tanggung Jawab Pengecer di Desa Cekok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo, Bagaimana Tinjauan Maslahah terhadap Implementasi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 17 Tahun 2011 Terhadap sanksi Pengecer di Desa Cekok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penulis menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut dengan menggunakan teori maslahah.
Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pelaksanaan peraturan pemerintahn tentang pengadaan dan penyaluran pupuk subsidi untuk sektor pertanian pada tingkat pengecer belum berjalan dengan baik . hal ini dibuktikan dengan adanya pengecer yang masih melakukan penyelewengan terhadap penyaluran pupuk bersubsidi. Sedangkan untuk tugas dan tanggung jawab pengecerpun juga belum sesuai dengan peraturan menteri namun untuk menjaga kemaslahatan dharuriah pengecer sudah menjalankan dengan baik. Sedangkan untuk sanksinya belum memeberikan kemaslahatan bagi masyarakat dikarenakan dampak buruk yang terjadi jika peraturan itu benar-benar diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:28
Last Modified: 02 Jun 2021 08:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14728

Actions (login required)

View Item View Item