PERAN MAJELIS NURUL HUDA ARROSYIDIN DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI MORAL KEAGAMAAN DAN KEPEDULIAN SOSIAL MASYARAKAT DUSUN NGLODO DESA NGRECO KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN

Yusuf, Bahrudin (2021) PERAN MAJELIS NURUL HUDA ARROSYIDIN DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI MORAL KEAGAMAAN DAN KEPEDULIAN SOSIAL MASYARAKAT DUSUN NGLODO DESA NGRECO KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAHRUDIN YUSUF 210317409.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yusuf, Bahrudin. 2021. Peran Majelis Nurul Huda Arrosyidin dalam Mempertahankan Nilai Moral Keagamaan dan Kepedulian Sosial Masyarakat Dusun Nglodo Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Skripsi, Jurusan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wilis Werdiningsih, M.Pd.I
Kata Kunci : Peran, Majelis, Nilai Moral Keagamaan, Kepedulian Sosial
Dunia dewasa ini telah mencapai era modern di mana banyak sekali budaya-budaya luar yang masuk ke dalam negeri atau biasa disebut westernisasi. Nilai-nilai moral keagamaan yang ada di tengah masyarakat tergerogoti oleh perkembangan zaman. Hal ini dibuktikan dengan maraknya tindakan kriminal serta asusila. Oleh sebab itu penanaman nilai moral keagamaan sangat diperlukan. Terlebih lagi di masa pandemi akibat adanya virus covid-19 seperti saat ini. Tempat penanaman nilai-nilai moral keagamaan seperti sekolah ataupun madrasah formal terpaksa ditutup. Hal ini mengakibatkan hanya lembaga non formal swadaya masyarakat seperti majelis dzikir dan ta’lim saja yang dapat melaksanakan perannya dalam menanamkan nilai moral keagamaan. Seperti halnya majelis dzikir dan ta’lim Nurul Huda Arrosyidin, yang menjadi lembaga pendidikan non formal masyarakat dusun Nglodo desa Ngreco kecamatan Tegalombo kabupaten Pacitan yang berupaya menanamkan dan memupuk nilai-nilai moral keagamaan masyarakat di dusun tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan majelis Nurul Huda Arrosyidin dalam mempertahankan nilai moral keagamaan dan kepedulian sosial yang ada di dusun Nglodo desa Ngreco kecamatan Tegalombo kabupaten Pacitan; (2) Mendeskripsikan peran majelis Nurul Huda Arrosyidin dalam mempertahankan nilai moral keagamaan dan kepedulian sosial yang ada di dusun Nglodo desa Ngreco kecamatan Tegalombo kabupaten Pacitan; (3) Mendeskripsikan dampak keberadaan majelis Nurul Huda Arrosyidin dalam mempertahankan nilai moral dan kepedulian sosial di dusun Nglodo desa Ngreco kecamatan Tegalombo kabupaten Pacitan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Di mana peneliti terjun langsung kelapangan untuk menggali informasi. Teknik penggalian informasi mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara data reduction (data direduksi), data display (data disajikan), dan conclusion drawing / verification (penarikan kesimpulan).
Berdasarkan penelitian ini ditemukan beberapa temuan yakni: 1) Pelaksanaan kegiatan majelis dalam menanamkan nilai moral keagamaan dan kepedulian sosial, melalui berbagai kegiatan yakni pengajian, diskusi, bakti sosial yang dilakukan di masjid ataupun dari rumah ke rumah. Metode yang digunakan adalah metode bill al-hikmah, mauidzah al-hasanah, dan mujadalah yang dikolaborasikan dengan budaya yang ada di tengah masyarakat. Kegiatan majelis ini dibagi menjadi tiga tahapan yakni jangka pendek, menengah, dan panjang; 2) Majelis Nurul Huda Arrosyidin memiliki sebagai pemberdaya masyarakat sekaligus sebagai tempat pendidikan agama; 3) Melalui kegiatan majelis Nurul Huda Arrosyidin nilai moral keagaman dan kepedulian sosial warga dusun Nglodo dapat terjaga dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari kebiasaan sholat lima waktu yang dilaksanakan secara berjamaah, keramah-tamahan warga masyarakat, serta masyarakat Nglodo yang dikenal sebagai masyarakat yang menjunjung gotong-royong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WILIS WERDININGSIH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:02
Last Modified: 02 Jun 2021 08:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item View Item