..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP JASA SERVIS KOMPUTER DAN LAPTOP DI GARDEN COMPUTER PONOROGO

Abidin, Mohammad Zaenal (2021) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP JASA SERVIS KOMPUTER DAN LAPTOP DI GARDEN COMPUTER PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - MOHAMMAD ZAENAL ABIDIN - HES - 210214260.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mohammad Zaenal Abidin, 2021. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jasa Servis Komputer dan Laptop di Garden Computer Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Abid Rohmanu, M.H.I.

Kata kunci : Etika Bisnis Islam, jasa servis, dan perilaku pengusaha
Bisnis yang baik adalah bisnis yang menguntungkan, taat hukum dan berlandaskan etika. Oleh karena itu, pelaku bisnis muslim hendaknya memiliki kerangka etika bisnis yang kuat sehingga dapat mengantarkan aktivitas bisnis yang nyaman dan berkah. Islam menekankan beberapa prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu: prinsip kesatuan (unity), keseimbangan (equilibrium), kebebasan (free will), tanggung jawab (responsibility), dan kejujuran atau kebaikan. Tak terkecuali dalam usaha di bidang jasa servis komputer dan laptop yang saat ini menjadi barang kebutuhan penting untuk berbagai kalangan. Penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam dalam menjalankan usaha diperlukan tidak sekadar agar masing-masing pihak yang terlibat transaksi memperoleh keuntungan tetapi juga agar mendapatkan kebaikan dan keberkahan.
Berpijak dari latar belakang di atas, penulis tertarik untuk menganalisisnya dalam tugas akhir dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap transaksi jasa servis komputer dan laptop di Garden Computer Ponorogo, 2) bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku pengusaha dan konsumen di Garden Computer Ponorogo.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Garden Computer, salah satu penyedia jasa servis komputer dan laptop di Ponorogo. Untuk menghimpun data, peneliti melakukan wawancara dan peninjauan dokumen-dokumen atau catatan terkait. Ada dua sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan beberapa narasumber dari pihak-pihak yang terlibat langsung dengan transaksi jasa servis komputer. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dengan mempelajari dokumen. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisa data-data yang terkumpul dan dijabarkan dengan metode deskriptif analitis.
Berdasarkan penelitian dan analisa yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa praktik transaksi jasa servis komputer dan laptop di Garden Computer Ponorogo secara umum telah sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu meliputi prinsip kesatuan, keadilan, kebebasan, pertanggungjawaban dan kejujuran atau kebenaran. Praktik jasa servis ini juga telah memenuhi sifat transaksi bisnis Islam. Perilaku pengusaha jasa servis komputer di Garden Computer secara umum telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang meliputi aspek Ṣiddīq (jujur), amanah (terpercaya), Faṭᾱnah (cerdas atau profesional) dan Tablīgh (komunikatif dan transparan). Meskipun terdapat kekurangan pada transaksi awal pengusaha tidak menyampaikan kepada konsumen soal risiko pertambahan kerusakan sekaligus biayanya yang bisa terjadi di tengah proses perbaikan. Sedangkan perilaku konsumen di Garden Computer secara umum telah sesuai dengan etika bisnis Islam. Namun terdapat ketidaksesuaian pada aspek tanggungjawab. Karena seringkali konsumen terlambat mengambil barangnya yang sudah selesai diservis. Sehingga pembayaran upah juga terlambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ABID ROHMANU
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:01
Last Modified: 02 Jun 2021 08:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14723

Actions (login required)

View Item View Item