AKTUALISASI NILAI MORAL SISWA MELALUI PENGUATAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH MA'ARIF MUNGGUNG PULUNG PONOROGO)

Fadilatul Badriah, Ayu (2021) AKTUALISASI NILAI MORAL SISWA MELALUI PENGUATAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH MA'ARIF MUNGGUNG PULUNG PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317402_AYU FADILATUL BADRIAH_PAI (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nilai moral mempunyai peran penting yang berfungsi untuk mengatur tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari, terkhusus di lingkungan sekolah. Nilai moral merupakan aturan mengenai sikap dan prilaku manusia sebagai manusia. Didalam lingkup pendidikan, peran lembaga pendidikan mendukung terjadinya panutan dari nilai-nilai moral yang hendak ditanamkan sebagai pola orientasi dari kehidupan di lembaga sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui nilai-nilai moral pada pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Munggung Pulung Ponorogo, Untuk mengetahui strategi dalam aktualisasi nilai moral bagi siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Munggung Pulung Ponorogo, Untuk mengetahui dampak aktualisasi nilai moral melalui penguatan pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Munggung Pulung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Nilai-nilaimoral pada pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Munggung Pulung Ponorogo, meliputi materi yang terdapat pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang meliputi akhlak terpuji, seperti tawaduk, qonaah, sabar, jujur, tasamuh, ta’awun, ikhlas dan adil. Strategi dalam mengaktualisasi nilai moral siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Munggung Pulung Ponorogo, terdapat dua strategi yaitu: Pembiasaan (Character Building), Keteladanan (modelling), Strategi selanjutnya yaitu pendidik harus meningkatkan dan mengeratkan hubungan antara peserta didik, pendidik, orang tua, dan masyarakat sekitar yang dapat disebut strategi Caring School Community. Dampak dari aktualisasi nilai moral melalui penguatan pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Munggung Pulung Ponorogo, meliputi: Dampak aktualisasi nilai moral siswa terhadap pendidikan, Dampak aktualisasi nilai moral siswa terhadap keluarga, dampak aktualisasi nilai moral siswa terhadap masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:45
Last Modified: 02 Jun 2021 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14722

Actions (login required)

View Item View Item