TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI PROPERTY DI PT AHSANA PROPERTI SYARIAH TROPODO MOJOKERTO

Nuryasin, Fatah (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI PROPERTY DI PT AHSANA PROPERTI SYARIAH TROPODO MOJOKERTO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210214349-FATAH NURYASIN-HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

NURYASIN, FATAH , NIM 210214349, 2021, “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Property di PT Ahsana Property Syariah Tropodo Mojokerto. Skripsi Fakultas Syari’ah Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, IAIN Ponorogo 2021

Kata Kunci : Jual Beli Property, Akad Jual Beli Istish}na’

Skripsi ini berangkat dari latar belakang masalah tentang praktik Jual beli property yang terjadi di PT Ahsana Property Syariah Tropodo Mojokerto yang mana transaksi jual beli ini telah memberatkan salah 1 pihak. Dengan tidak jelasnya akad yang dilakukan dan juga tentang pembatalan akad yang dilakukan oleh salah satu Pihak
Dari latar belakang tersebut, permasalahan yang perlu dibahas diantaranya adalah : 1). Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap akad jual beli property di PT Ahsana Property Syariah Tropodo Mojokerto, 2). Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembatalan sepihak dalam jual beli property di PT Ahsana Property Syariah Tropodo Mojokerto.
Menurut jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan metode yaitu: wawancara (interview) dengan Manager dan juga Supervisor PT Ahsana Property Syariah Tropodo Mojokerto, dan juga pihak-pihak lainnya. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mengecek data yang diperoleh dari lapangan, kalsifikasi, verifikasi, analisis data dan penyimpulan.
Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti dalam penelitian di PT Ahsana Property Syariah Tropodo Mojokerto ini adalah, 1). Bahwasanya tinjauan hukum Islam terhadap jual beli property yang dilakukan dengan akad Jual beli Pesanan adalah hukumnya sah menurut Hukum Islam. Akan tetapi dalam praktiknya fasilitas yang diterima oleh pembeli tenyata ada yang berbeda dengan peranjian di awal transaksi. 2). Menurut tinjauan hukum Islam hukumnya adalah Sah. Akan tetapi praktinya ada pembatalan di salah satu pihak yang menyebabkan adanya wanprestasi dalam akad jual beli ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:32
Last Modified: 02 Jun 2021 07:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14718

Actions (login required)

View Item View Item