PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI TPA QURRATA A'YUN DESA PLOSO TEGALOMBO PACITAN

WUDDA, TSANIATU (2021) PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM INTERNALISASI KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI TPA QURRATA A'YUN DESA PLOSO TEGALOMBO PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD 210317347 TSANIATU WUDDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terapat pada “Peraturan Pemerintah NO.55 Tahun 2007 pasal 24 ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan menyatakan bahwa pendidikan Al-Qur’an terdiri dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ). TPA Qurrata A’yun sendiri merupakan suatu organisasi atau lembaga non formal yang menaungi kegiatan keagamaan, yang bertempat di lingkungan masyarakat desa Ploso Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Dalam upaya menumbuhkan pendidikan karakter disiplin pada santri TPA Qurrata A’yun, lingkungan keluarga berperan sangat penting dalam proses pengembangan dan penanaman pendidikan karakter pada diri anak. selain itu juga didukung oleh ustadz/ustadzah memberlakukan peraturan-peraturan dimana dapat menumbuhkan disiplin diri pada santri di TPA Qurrata A’yun.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk mendiskripsikan internalisasi karakter disiplin santri. Kedua, untuk mengetahui peran lingkungan keluarga dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Ketiga, untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai keluarga dalam meningkatkan karakter disiplin santri di TPA Qurrata a’yun. Serta memaparkan dan menganalisis pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ada di TPA Qurrata A’yun dan lingkungan keluarga santri dalam menumbuhkan karakter disipin pada anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus di TPA Qurrata A’yun desa Ploso Tegalombo Pacitan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: pertama, terdapat dua model pendidikan karakter yaitu moral knowing dan moral feeling. Pendidikan karakter melalui moral knowing berupa internalisasi karakter disiplin santri TPA Qurrata A’yun desa Ploso Tegalombo Pacitan dilakukan melalui kegiatan pengenalan dan pemahaman tata tertib yang ada di TPA kepada santri, dalam pelaksanaan kegiatan Pekan Perkenalan Santri Baru (PPSB) dan moral feeling berupa pemberian tindakan langsung pada santri yang melanggar peraturan dan memberikan sangsi supaya santri dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, peran lingkungan keluarga dalam meningkatkan karakter disiplinan santri TPA Qurrata A’yun desa Ploso Tegalombo Pacitan dilakukan dengan empat model pendidikan karakter yaitu: memberikan pembiasaan, memberikan keteladanan atau contoh, memberikan pengawasan, dan memberikan hukuman. Ketiga, keberhasilan lingkungan keluarga dalam meningkatkan karakter disiplin santri TPA Qurrata A’yun dapat dilihat melalui santri yang patuh dan taat terhadap tata tertib yang berlaku di TPA Qurrata A’yun dan mampu melaksanakan disipin waktu di dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FATA ASYROFI YAHYA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:31
Last Modified: 02 Jun 2021 07:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14717

Actions (login required)

View Item View Item