.. (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..ANALISIS MAQA>S}ID AL-TAS}ARRUFA>T AL-MA>LIYYAH MUHAMMAD AL-T}A>HIR IBN ‘A>SHU>R TERHADAP AKAD AL-IJA>RAH AL-MUNTAHIYAH BI AL-TAMLI>K (Studi Pada PT. BRI Syariah KCP Ponorogo)

Ridwan, Mohammad (2021) .. (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..ANALISIS MAQA>S}ID AL-TAS}ARRUFA>T AL-MA>LIYYAH MUHAMMAD AL-T}A>HIR IBN ‘A>SHU>R TERHADAP AKAD AL-IJA>RAH AL-MUNTAHIYAH BI AL-TAMLI>K (Studi Pada PT. BRI Syariah KCP Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS A5 DAN SCAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ridwan, Mohammad. 2021. Analisis Maqa>s}id al-Tas}arrufa>t al-Ma>liyyah Muhammad al-T}a>hir ibn ‘A>shu>r terhadap Akad al-Ija>rah al-Muntahiyah bi al-Tamli>k (Studi Pada PT. BRI Syariah KCP Ponorogo). Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. Aji Damanuri, M.E.I.
Kata Kunci: Maqa>s}id al-Tas}arrufa>t al-Ma>liyyah, Akad, al-Ija>rah al-Muntahiyah bi al-Tamli>k
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menemukan assesmen untuk mengukur tingkat kepatuhan bank terhadap akad al-Ija>rah al-Muntahiya bi al-Tamli>k (IMBT) berdasarkan maqa>s}id al-tas}arrufa>t al-ma>liyyah gagasan ibn ‘A>shu>r, 2) mengungkap fenomena kepatuhan BRI Syariah KCP Ponorogo terhadap akad IMBT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe studi kasus. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif kata-kata dan tindakan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara terencana tidak terstruktur. Teknik pemeriksaan data melalui uji kredibilitas dan uji dependibilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk membuat assesmen kesesuaian bank syariah menggunakan metode Sekaran untuk mengoperasionalisasi maqa>s}id al-tas}arrufa>t al-ma>liyyah gagasan ibn ‘A>shu>r menjadi dimensi dan elemen. Untuk mengembangkan indikator pengukuran menggunakan fatwa DSN-MUI. Sedangkan untuk memperoleh skor kepatuhan bank syariah menggunakan Teknik perhitungan metode balanced scorecard.
Temuan penelitian ini adalah BRI Syariah KCP Ponorogo patuh terhadap ketentuan syariah dalam akad IMBT berdasarkan maqa>s}id al-tas}arrufa>t al-ma>liyyah gagasan ibn ‘A>shu>r. Tingkat kepatuhannya sebesar 72.5% dengan pemenuhan tujuan sirkulasi 70%, transparansi 68.75%, kekuatan hukum 80%, preservasi 75%, dan keadilan 68.75%.
Penelitian ini berkontribusi pada assesmen kepatuhan syariah secara kualitatif berdasarkan maqa>s}id al-tas}arrufa>t al-ma>liyyah gagasan ibn ‘A>shu>r sebagai standar atau parameter untuk menilai kepatuhan bank syariah dalam menyalurkan pembiayaan IMBT

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with username fransiska
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:20
Last Modified: 02 Jun 2021 07:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14716

Actions (login required)

View Item View Item