(UPLOAD ULANG FORMAT PDF)..PERAN WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS MASYARAKAT DESA GAJAH SAMBIT PONOROGO

Maula, Lia Hikmatul (2021) (UPLOAD ULANG FORMAT PDF)..PERAN WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS MASYARAKAT DESA GAJAH SAMBIT PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 210317077 LIA HIKMATUL MAULA.docx

Download (1MB)

Abstract

Maula, Lia Hikmatul. 2021. Peran Wayang Kulit Sebagai Media Dalam Meningkatkan Karakter Religius Masyarakat Desa Gajah Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakim, M. Ag.

Kata Kunci: Media, Wayang Kulit, Karakter Religius
Melestarikan suatu seni budaya memang perlu dilakukan untuk menambah wawasan keilmuan, seperti halnya wayang kulit yang mempertunjukkan lakon dan karakter yang bisa dipahami dengan tujuan meningkatkan karakter religius melalui upaya pemahaman masyarakat. Dari lakon dan karakter wayang tersebut, masyarakat bisa memahami nilai karakter religius yang ditampilkan dalam pertunjukkan wayang.Wayang kulit di Desa Gajah menjadi media pembelajaran masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) memaparkan penggunaan media lakon wayang kulit dalam meningkatkan karakter religius masyarakat Desa Gajah Sambit Ponorogo. (2) memaparkan peran karakter tokoh wayang kulit dalam meningkatkan karakter religius masyarakat Desa Gajah Sambit Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Milles dan Huberman yang tahapannya sebagai berikut : reduksi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan (1) memaparkan penggunaan media lakon wayang kulit dalam meningkatkan karakter religius masyarakat Desa Gajah Sambit Ponorogo. Melalui pertunjukkan dua lakon wayang yaitu “Urip iku Urup” dan “Jujur iku Mujur”. Masyarakat sudah mulai menanamkan dan melakukan pesan nasihat dari ke dua lakon tersebut dalam keseharian di lingkungan tempat tinggal. (2) memaparkan peran karakter tokoh wayang kulit dalam meningkatkan karakter religius masyarakat Desa Gajah Sambit Ponorogo. Tokoh dalam pertunjukkan wayang yang dimaksud adalah tokoh kurawa yang mempunyai karakter buruk dan tokoh pandhawa yang mempunyai karakter baik.Dari kedua karakter tokoh ini, masyarakat mulai bisa membedakan mana karakter tokoh yang baik dan buruk serta karakter tokoh mana yang boleh dan tidak boleh diterapkan oleh masyarakat dalam kesehariannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:30
Last Modified: 02 Jun 2021 07:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14715

Actions (login required)

View Item View Item