Penggunaan Media Pembelajaran Dan Strategi Active Learning Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 2 Bedikulon Bungkal Ponorogo

Afifah, Zakiyatul (2021) Penggunaan Media Pembelajaran Dan Strategi Active Learning Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 2 Bedikulon Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ZAKIYATUL AFIFAH 210617159 PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang terjadi saat ini harus menciptakan siswa yang aktif, kreatif dan mandiri. Siswa yang aktif dan kreatif dapat tercipta sesuai keterampilan guru mengolah pembelajaran. Oleh karena itu, guru menggunakan media pembelajaran sebagai perantara untuk menyampaikan materi kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran telah diterapkan oleh berbagai sekolah, salah satunya adalah di SD Negeri 2 Bedikulon. Mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak menggunakan media pembelajaran untuk menyampaikan materi. Selain itu, penggunaan media pembelajaran juga dianggap ammpu sebagai langkah penerapan strategi active learning atau pembelajaran aktif terhadap siswa sehingga siswa mampu meningkatkan keaktifan selama pembelajaran. Di dalam masa pandemi covid-19 seperti saat ini, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring menggunakan media video youtube dan strategi active learning dengan harapan siswa tetap ammpu aktif selama proses pembelajaran IPA.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan dan menganalisa penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran IPA di SD Negeri 2 Bedikulon, (2) untuk mendiskripsikan dan menganalisa penerapan strategi active learning pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 2 Bedikulon.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan conclusion/drawing atau menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi IPA selama daring adalah video youtube. Video youtube dianggap mampu untuk menyampaikan materi kepada siswa dengan baik karena terdapat video berisi tentang teori dan juga praktiknya. Sehingga siswa antusias mengikuti pembelajaran. (2) penggunaan strategi active learning terlihat ketika siswa aktif memberikan tanggapan yang berupa pertanyaan maupun mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu hasil penggunaan strategi active learning pada pembelajaran IPA yang baik juga dapat dilihat dari nilai siswa yang menunjukkan tuntas dalam penerimaan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:30
Last Modified: 02 Jun 2021 07:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14714

Actions (login required)

View Item View Item