Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Di SDN 02 Tonatan Ponorogo.

Wijayanti, Wijayanti (2021) Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Di SDN 02 Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617239_Wijayanti_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wijayanti. 2021. NIM 210617239. Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Di SDN 02 Tonatan Ponorogo Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Minat Belajar, Pembelajaran Tematik.
Pembelajaran di Kurikulum 2013 saat ini memberikan keleluasaan bagi setiap guru untuk mengembangkan kreativitasnya terutama pada pembelajaran tematik. Dimana pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan materi dari beberapa mata pelajaran dalam satu tema pembahasan, sehingga guru perlu merancang pembelajaran sedemikian rupa dengan kreativitas yang dimiliki menggunakan berbagai media, strategi, dan metode dalam pembelajaran agar minat belajar siswa dapat berkembang atau meningkat dengan baik. Kreativitas merupakan kemampuan sesorang dalam menciptakan sesuatu hal yang baru. Jadi guru memang sangat di anjurkan untuk kreatif dalam mengajar agar siswa tidak bosan dalam mengangkap materi pembelajaran
Untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengembangkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas 1, maka peneliti bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk kreativitas guru di masa Pandemi dalam pembelajaran tematik untuk mengembangkan minat belajar siswa kelas 1 SDN 02 Tonatan Ponorogo. (2) mengetahui minat belajar siswa kelas 1 SDN 02 Tonatan Ponorogo dalam pembelajaran tematik di masa Pandemi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Namun, karena adanya Pandemi Covid 19 maka bentuk dari kreativitas guru yang peneliti temukan di SDN 02 Tonatan Ponorogo adalah guru membuat metode pembelajaran yang lebih menarik dengan bantuan media IT yang ada, sehingga siswa mampu menangkap penjelasan guru dengan baik seperti pembelajaran yang dilakukan secara langsung. Sedangkan Minat belajar siswa kelas 1 dalam pembelajaran tematik meningkat atau berkembang karena adanya faktor yang mempengaruhinya, faktor tersebut adalah pendidik atau guru. Seorang pengajar yang kreatif memiliki kemampuan dalam mengembangkan atau meningkatkan minat belajar siswa di kelas melalui pendekatan, metode dan strategi dalam mengajarnya yang menyenangkan sehingga tidak menimbulkan kesulitan siswa dalam menangkap materi pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat melalui beberapa hal seperti nilai tugas siswa semakin meningkat, ketika belajar siswa lebih bersemangat, dan siswa memperhatikan penjelasan dari guru dengan sungguh-sungguh serta siswa terlihat nyaman dalam belajar. Namun karena pembelajaran yang berlangsung saat ini adalah daring maka minat belajar siswa juga belum bisa dilihat secara maksimal, sebab yang bisa mendorong minat siswa selama daring ini adalah faktor keluarganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:41
Last Modified: 02 Jun 2021 07:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14713

Actions (login required)

View Item View Item