Implementasi Pembelajaran Daring Siswa Kelas 8 di MTs.AL-ISLAM Joresan

Nurhotimah, Nurhotimah (2021) Implementasi Pembelajaran Daring Siswa Kelas 8 di MTs.AL-ISLAM Joresan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI -210317101- NURHOTIMAH..pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka sekarang beralih dengan pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut juga dengan pembelajaran Online. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Adapun dalam pelaksanaannya merupakan hak dan wewenang dari lembaga pendidikan itu sendiri, karena banyak platform yang ditawarkan dalam pembelajaran online ini diantaranya Google Classrom, E-learning, Whatsapp, zoom dan masih banyak lagi. Yang menarik dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini adalah siswa yang biasanya belajar bersama teman dalam sebuah ruangan kelas kini harus belajar dan memahami materi sendiri. Selain itu ketika dirumah siswa tidak bisa merasakan kebudayaan yang ada di sekolah.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui platform apa saja yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MTs.Al-Islam. Serta bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring di Al-Islam itu dilakukan.
Untuk menjawab pertanyaan diatas maka penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif adapun penelitian ini dilaksanakan di MTs.Al-Islam Joresan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Serta teknik analisis datanya menggunakan model analisis Milles and Huberment. Karena peneliti ingin mencari informasi mengenai bagaimana platform dan pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di MTs.Al-Islam Joresan yang datanya kemudian dideskripsikan untuk menjawab persoalan yang ada di lapangan.
Berdasarkan hasil analis dapat disimpulkan bahwa, (1)Pelaksanaan pembelajaran daring kelas 8 di Mts.Al-Islam Joresan menggunakan beberapa platform pembelajaran yaitu E-Learning, Google Classrom, dan Whastapp Group(2) Menurut data yang diperoleh di lapangan mata pelajaran yang menggunakan E-Learning adalah Bahasa Indonesia, IPA dan Mahfudhat. Adapun mata pelajaran yang menggunakan Google Classrom adalah Bahasa Inggris, Muthola’ah dan menggunakan Whatsapp Group adalah Tarikh Islam dan Hadist.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:05
Last Modified: 02 Jun 2021 07:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14710

Actions (login required)

View Item View Item