(Persetujuan pakai tanda tangan asli )..analisis kesulitan belajar ips terpadu dan upaya penanganan guru pada siswa kelas vii mts al-akbar senepo, slahung selama pandemi covid-19 (studi kasus di mts al akbar senepo, slahung tahun ajaran 2020/2021)

Mirsa Femiliana, Wati (2021) (Persetujuan pakai tanda tangan asli )..analisis kesulitan belajar ips terpadu dan upaya penanganan guru pada siswa kelas vii mts al-akbar senepo, slahung selama pandemi covid-19 (studi kasus di mts al akbar senepo, slahung tahun ajaran 2020/2021). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
THESIS PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Femiliana Wati, Mirsa. 2021. Analisis Kesulitan Belajar IPS Terpadu dan Upaya Penanganan Guru pada Siswa Kelas VII MTs Al-Akbar Senepo, Slahung Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MTs Al Akbar Senepo, Slahung Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi. Jurusan Ilmu Pengeahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.

Kata Kunci: Kesulitan belajar, IPS Terpadu, Upaya Guru.

Belajar adalah proses perubahan didalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman ketrampilan, daya pikir dan lain-lain kemampuan. Proses belajar pasti siswa akan mendapatkan kesulitan. Menurut Muhibbin Syah, faktor penyebab timbulnya kesulitan belajar siswa ada dua macam, diantaranya: Faktor internal siswa, dan faktor eksternal siswa. Covid-19 merupakan penyakit akibat virus corona jenis baru yang muncul pada akhir 2019 pertama kali di Wuhan, Cina yang saat ini menyebabkan pandemi hampir diseluruh dunia. Covid-19 ini juga berdampak buruk terhadap dunia pendidikan, karena demi menghentikan penyebaran covid-19 ini semua siswa dan gurunya harus belajar di rumah, yang mendadak dilakukan tanpa persiapan sama sekali. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesulitan belajar IPS Terpadu di MTs Al Akbar Senepo, Slahung, (2) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Akbar Senepo, Slahung, (3) Mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Akbar Senepo, Slahung. Jenis penelitian yang dilakukan penulis dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini dipilih karena dalam pengumpulan data analisis kesulitan belajar siswa kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dan upaya penanganan guru di MTs Al-Akbar Senepo, Slahung selama masa Pandemi Covid-19 menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana anak tidak bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan siswa tidak bisa menangkap serta mencerna materi pembelajaran tersebut. Kesulitan tersebut diantaranya: (a) Siswa mengalami kesulitan dalam hal jaringan atau sinyal ketika pembelajaran dilaksanakan secara online atau daring (b) ketika pembelajaran dilaksanakan dengan tatap muka, mereka juga mengalami kesulitan karena waktu yang dipersingkat dan juga peserta didik yang susah dalam menerima materi pembelajaran. (2) Kesulitan belajar siswa di MTs Al-Akbar Senepo, Slahung disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa. (3) Upaya yang dilakukan guru MTs Al-Akbar Senepo, Slahung untuk mengatasi kesulitan belajar siswa diantaranya: (a) Membiasakan dan melatih siswa untuk berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran, (b) Memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa agar tetap semangat dalam belajar, (c) Guru melatih siswa untuk lebih aktif dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, (d) Guru menggunakan metode belajar yang bervariasi, (e) guru melakukan home visit kerumah masing-masing siswa yang mengalami kesulitan belajar secara daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:06
Last Modified: 02 Jun 2021 07:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item View Item