Peran Guru Kelas dan Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kelas IV Ar-Rahim MI Ma'arif Setono)

Kumalasari, Fita Dwi (2021) Peran Guru Kelas dan Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kelas IV Ar-Rahim MI Ma'arif Setono). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617009 Fita Dwi Kumalasari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persebaran covid-19 berdampak pada seluruh bidang kehidupan termasuk
bidang pendidikan. Pada masa pandemi ini, pembelajaran tidak dilakukan secara
normal. Melainkan pembelajaran dilakukan secara daring ataupun tatap muka
dengan jumlah siswa dan waktu yang terbatas. Hal ini menyebabkan pemahaman
siswa terhadap materi pembelajaran menjadi berkurang dan mengakibatkan
penurunan hasil belajar pada siswa. Seperti halnya yang terjadi di kelas IV Ar￾Rahim MI Ma’arif Setono. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya
peran guru kelas dan orang tua agar hasil belajar siswa tidak mengalami
penurunan.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana peran guru
kelas sebagai fasilitator dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Ar￾Rahim di MI Ma’arif Setono pada masa pandemi Covid-19? (2) Bagaimana peran
orang tua sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Ar￾Rahim di MI Ma’arif Setono pada masa pandemi Covid-19?
Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif Setono. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan
dokumentasi.
Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Peran guru kelas sebagai
fasilitator dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan berbagai
upaya yaitu menguasai materi pembelajaran, menguasai media, memotivasi siswa,
membantu siswa, membimbing siswa dalam proses pembelajaran baik didalam
maupun diluar kelas, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, dan guru
tidak hanya menjadikan dirinya sebagai sumber belajar utama, (2) Peran orang tua
sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan
berbagai upaya yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya harapan dan
cita-cita, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya penghargaan
dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif, sehingga
memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:58
Last Modified: 02 Jun 2021 06:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14702

Actions (login required)

View Item View Item