..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di MIN 3 Ponorogo

Natasyaputri, Rut Fenty (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RUT FENTY_NATASYAPUTRI_210617027_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar pada hakikatnya merupakan perubahan tingkah laku sebagai
hasil dari proses belajar. Adapun faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa
salah satunya di faktor psikologis adalah kesiapan belajar dan proses belajar
siswa. Kesiapan belajar merupakan tahapan awal bagi siswa sebelum merespon
suatu materi yang diberikan oleh pendidik. kesiapan belajar dapat diartikan
sebagai sejumlah tingkat perkembangan yang harus dicapai oleh seseorang
dalam belajar agar dapat menerima suatu pelajaran baru. Dengan kata
lain kesiapan untuk menerima pelajaran baru akan tercapai apabila seseorang telah
mencapai tingkat kematangan tertentu. Kesiapan tersebut meliputi kesiapan fisik,
psikis dan materiil. Kesiapan akan kondisi fisik, psikis dan materiil yang dimiliki
oleh siswa perlu terus diperhatikan guna mencapai tujuan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kesiapan belajar
matematika pada siswa kelas IV di MIN 3 Ponorogo, (2) mengetahui bagaimana
hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di MIN 3 Ponorogo, (3) mengetahui
pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika pada
siswa kelas IV di MIN 3 Ponorogo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan
penelitian kuantitatif deskriptif dan statistik inferensial. Untuk teknik
pengumpulan data digunakan angket dan dokumentasi. Penentuan sampel dalam
penelitian ini menggunakan sampel jenuh, yaitu menjadikan semua anggota
populasi sebagai sampel. Sedangkan analisis data menggunakan rumus regresi
linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesiapan belajar siswa kelas
IV MIN 3 Ponorogo dalam kategori tinggi sebanyak 11 responden (11%), dalam
kategori sedang sebanyak 47 responden (68%), dalam kategori rendah sebanyak
11 responden (11%). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kesiapan belajar
siswa kelas IV MIN 3 Ponorogo adalah sedang. (2) Hasil belajar matematika
siswa kelas IV MIN 3 Ponorogo dalam kategori tinggi sebanyak 16 responden
(23%), dalam kategori sedang sebanyak 41 responden (60%), dalam kategori
rendah sebanyak 12 responden (17%). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa
hasil belajar siswa kelas IV MIN 3 Ponorogo adalah sedang. (3) Ada pengaruh
yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika siswa
kelas IV MIN 3 Ponorogo yaitu dengan diperoleh nilai hasil penghitungan nilai
regresi linier sederhana Fhitung > Ftabel atau 65,735 > 3,98, maka H0 ditolak dan H1
diterima, artinya, variabel X (kesiapan belajar) secara signifikan berpengaruh
terhadap variabel Y (hasil belajar). Kesiapan belajar siswa berpengaruh 50%
terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MIN 3 Ponorogo dan
sisanya 50% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:57
Last Modified: 02 Jun 2021 06:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14701

Actions (login required)

View Item View Item