Studi Komparatif Pendidikan Islam dalam Tembang Lir-ilir Karya Sunan Kalijaga dan Tembang Tombo Ati Karya Sunan Bonang

Khafidoh, Elvin Naimatul (2021) Studi Komparatif Pendidikan Islam dalam Tembang Lir-ilir Karya Sunan Kalijaga dan Tembang Tombo Ati Karya Sunan Bonang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317113_ELVIN NAIMATUL KHAFIDOH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khafidoh, Elvin Naimatul. 2021.Studi Komparatif Pendidikan Islam dalam Tembang Lir-ilir Karya Sunan Kalijaga dan Tembang Tombo Ati Karya Sunan Bonang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag..
Kata Kunci: Studi Komparatif, Pendidikan Islam, Tembang Lir-ilir, Tembang Tombo Ati
Tembang lir-ilir dan tembang tombo ati adalah salah satu strategi yang digunakan Sunan Kalijaga dan Sunan Bonang dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara. Kedua tembang tersebut sangat populer di masyarakat. Tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pengajaran pendidikan Islam yang terdapat dalam kedua tembang tersebut, padahal kedua tembang tersebut digunakan Sunan kalijaga dan Sunan Bonang untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Sunan Kalijaga dulunya adalah murid dari Sunan Bonang. Dalam menyebarkan agama Islam mereka pasti mempunyai persamaan maupun perbedaan dalam konsep pendidikan Islam. Oleh karena itu penulis ingin membandingkan konsep pendidikan Islam pada kedua tembang tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui konsep pendidikan Islam dalam tembang lir-ilir karya sunan kalijaga dan tembang tombo ati karya sunan bonang, (2) Mengetahui persamaan dan perbedaan konsep pendidikan Islam dalam tembang lir-ilir dan tembang tombo ati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan historis, yaitu pendekatan agama melalui ilmu sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif (perbandingan), yaitu penelitian yang dilakukan dengan membandingkan serta memaparkan secara jelas konsep pendidikan Islam yang terkandung dalam tembang lir-ilir karya sunan kalijaga dan tembang tombo ati karya sunan bonang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan/library research, yaitu penelitian kajian pustaka.
Bedasarkan analisis data, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa (1) Terdapat beberapa konsep pendidikan Islam dalam tembang lir-ilir dan tembang tombo ati. Antara lain yaitu, pendidikan keimanan, pendidikan moral, pendidikan kejiwaan, pendidikan sosial, memiliki dasar tauhid, dasar rāhmātān lil ’ālāmin, dasar keseimbangan dan dasar kemanusiaan. (2) Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan dalam konsep pendidikan Islam pada tembang lir-ilir dan tombo ati. persamaannya yaitu kedua tembang ini sama-sama memiliki ruang lingkup materi pendidikan Islam yang hampir sama isinya yaitu sama-sama berisi pendidikan keimanan dan pendidikan kejiwaan atau hati nurani. Adapun perbedaannya terletak pada tujuan konsep pendidikan Islam, yang pada tembang ¬lir-ilir lebih cenderung mengajak kita untuk mau memeluk agama Islam dan memperbaiki iman kita dengan menerapkan rukun Islam dalam kehidupan kita sehari-hari. Sedangkan untuk tembang tombo ati itu sendiri lebih condong ke konsep pendidikan tasawuf yang mengajarkan sebuah pengobatan batiniah atau hati dengan cara mendekatkan diri kepada Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:46
Last Modified: 02 Jun 2021 06:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14697

Actions (login required)

View Item View Item