Upaya Guru Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas V di SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo

Aini, Nurul (2021) Upaya Guru Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas V di SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617233-NURUL AINI-PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aini, Nurul. 2021.Upaya Guru dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas V di SDIT Al-Mawaddah Coper, Jetis, Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Efendi, M.Ag.
Kata Kunci :Upaya Guru, dan Perilaku Menyimpang Siswa.
Perilaku menyimpang merupakan suatu tingkah laku yang tidak sesuai dengan tingkat-tingkat perkembangan dan tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Perilaku yang menyimpang akan menggangu dan menghambat anak untuk mencapai perkembangan berikutnya. Peran guru di SDIT Al-Mawaddah dalam menanggulangi perilaku menyimpang siswa sebagai pembimbing, motivator dan evaluator. Penelitian ini dilakukan untuk mengurangi dan mencegah perilaku menyimpang siswa di SDIT Al-Mawaddah. Penanaman dan pembentukan karakter harus dilakukan sedini mungkin agar siswa dapat tumbuh dengan pembiasaan yang baik untuk masa depannya.
Dari penjelasan diatas, maka dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apa saja bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa SDIT Al-Mawaddah? (2) Apakah faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang pada siswa di SDIT Al-Mawaddah? (3) Bagaimana bentuk upaya guru dalam menanggulangi perilaku menyimpang siswa di SDIT Al-Mawaddah?
Untuk menjawab permasalahan diatas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kaulitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik dalam analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik. Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru Bagian Kesiswaan dan siswa.
Dari hasil analisa penelitian ini, disimpulkan bahwa (1) Penyimpangan yang terjadi di SDIT Al-Mawaddahmerupakan penyimpangan yang tergolong ringan. Perilaku menyimpang yang muncul seperti tidak membuang sampah pada tempatnya, kurangnya kesadaran dalam memakai masker, kurang disiplin dalam mengumpulkan tugas, kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan kelas, kurangnya respect jika guru membutuhkan bantuan dan beberapa siswa yang membuat kelompok pertemanan atau geng, terlambat datang ke sekolah. (2) Faktor yang mempengaruhi peserta didik adalah faktor keluarga, faktor teman dan faktor lingkungan. (3) Upaya guru dalam menanggulangi perilaku menyimpang adalah dengan upaya preventif yang dilakukan dengan mengarahkan siswa untuk mengikuti berbagai kegiatan, upaya represif dengan memberikan sanksi jika siswa melakukan pelanggaran, upaya kuratif dengan memberikan bimbingan dan arahan agar tumbuh kesadaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:45
Last Modified: 02 Jun 2021 06:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14696

Actions (login required)

View Item View Item