..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Penerapan Metode Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas V di SDN 2 Bringin Kauman Ponorogo

Handayani, Rulik (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Penerapan Metode Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas V di SDN 2 Bringin Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617212 RULIK HANDAYANI PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Handayani, Rulik.2021. Penerapan Metode Think Pair Share Pada Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas V di SDN 2 Bringin Kauman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan IAIN Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.,

Kata Kunci : Metode Think Pair Share, Pembelajaran Tematik

Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN 2 Bringin Ponorogo, proses pembelajaran yang dilakukan setiap hari yaitu menggunakan buku tematik. Penilaian pembelajaran tematik bukan hanya penilaian pengetahuan saja melainkan penilaian sikap sosial dan kreatif siswa. Untuk dapat menilai tiga aspek tersebut guru tidak cukup jika hanya menggunakan metode pembelajaran yang biasa misalnya metode ceramah, guru harus menerapkan metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk menilai tiga aspek tersebut misalnya metode pembelajaran think pair share karena metode pembelajaran ini pembelajaran akan berpusat kepada siswa (student center).
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran think pair share pada tema benda-benda di sekitar kita yang dilakukan oleh guru kelas V di SDN 2 Bringin Kauman Ponorogo tahun 2020-2021. (2) Untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa kelas V di SDN 2 Bringin terhadap tema benda-benda di sekitar kita dengan menggunakan metode pembelajaran think pair share.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dalam bentuk uraian, dan pengambilan kesimpulan berdasarkan data yang telah disajikan. Dari hasil penelitian, langkah pembelajaran metode think pair share meliputi persiapan, inti, dan penutup. Penerapan metode ini juga dapat meningkatkan pemahaman siswa yang dibuktikan dengan kemampuan siswa saat presentasi hasil diskusi di depan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan (1) dalam penerapan metode pembelajaran think pair share bagi siswa kelas V di SDN 2 Bringin Kauman Ponorogo, guru membagi kelas menjadi empat kelompok yang terdiri dari empat sampai lima orang. Setiap kelompok disajikan masalah yang harus didiskusikan dengan teman satu kelompoknya. Jika hasil diskusi sudah ada maka mereka menunjuk salah satu anggota untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan percaya diri, pada saat yang bersamaan siswa dari kelompok lain boleh menanggapi atau bertanya. Dalam penerapan metode pembelajaran think pair share ini pembelajaran akan berpusat kepada siswa sehingga siswa diharapkan aktif dalam kelompok. (2) Siswa merasa lebih mudah memahami materi pelajaran jika temannya sendiri yang presentasi atau menjelaskan karena siswa cenderung member contoh berdasarkan apa yang dialaminya sehari-hari dan juga menyebutkan contoh-contoh yang ada di sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:43
Last Modified: 02 Jun 2021 06:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14695

Actions (login required)

View Item View Item