Hubungan Lingkungan Belajar Dan Fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Minat Belajar Siswa Kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Purnamasari, Nurul Hidayah (2021) Hubungan Lingkungan Belajar Dan Fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Minat Belajar Siswa Kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617243_NURUL HIDAYAH PURNAMASARI_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayah Purnamasari, Nurul. 2020. Hubungan Lingkungan Belajar Dan Fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Minat Belajar Siswa Kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh, Minat Belajar
Rendahnya minat belajar siswa selama proses pembelajaran daring salah satunya dikarenakan lingkungan belajar siswa yang kurang efektif dan kurang memberikan rasa kenyamanan pada diri siswa serta ketersediaan fasilitas selama pembelajaran. Lingkungan belajar dan fasilitas pembelajaran jarak jauh sangat memengaruhi tinggi rendahnya minat siswa dalam situasi pandemi ini. Faktor minat ini juga merupakan faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) hubungan lingkungan belajar dengan minat belajar siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar, (2) hubungan fasilitas pembelajaran jarak jauh dengan minat belajar siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar, (3) hubungan lingkungan belajar dan fasilitas pembelajaran jarak jauh dengan minat belajar siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar.
Metode peneliti dalam penelitian ini kuantitatif dengan sampel penelitian 37 responden, menggunakan rancangan penelitian ex-post facto jenis korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan data angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi sederhana dan korelasi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada hubungan antara variabel lingkungan belajar dengan minat belajar diperoleh rhitung sebesar 0,242 < rtabel 0,325, (2) terdapat hubungan antara variabel fasilitas belajar dengan minat belajar diperoleh rhitung sebesar 1 > rtabel 0,325 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel fasilitas pembelajaran jarak jauh dengan minat belajar, (3) terdapat hubungan antara lingkungan belajar dan fasilitas pembelajaran jarak jauh dengan minat belajar siswa diperoleh koefisien korelasi adalah 0,493, hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sedang. Sedangkan kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel lingkungan belajar dan fasilitas pembelajaran jarak jauh dengan minat belajar adalah 24,3% sedangkan 75,7% ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:42
Last Modified: 02 Jun 2021 06:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item