NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM LIRIK LAGU ALBUM SPESIAL RELIGI CARI BERKAH KARYA WALI BAND

Arifah Suryani, Ajeng (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM LIRIK LAGU ALBUM SPESIAL RELIGI CARI BERKAH KARYA WALI BAND. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317130_AJENG ARIFAH SURYANI_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suryani, Ajeng Arifah. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Lirik Lagu Album Spesial Religi Cari Berkah Karya Wali Band. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.

Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Lirik Lagu, Album Spesial Religi Cari Berkah
Akhlak sebagian kaum muslimin semakin hari semakin memprihatinkan, kebanyakan orang cenderung untuk mengikuti suatu hal hanya karena sedang tren. Bahkan beberapa orang mengikuti tren tanpa mengetahui asal-usulnya. Fenomena tersebut tidak hanya melanda kalangan dewasa, namun juga menimpa kalangan pelajar. Menghadapi peristiwa tersebut perlu adanya inovasi dalam penyampaian pendidikan akhlak, diantaranya dapat disampaikan melalui musik. Jenis lagu yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu lagu religi. Salah satu grup musik yang memiliki banyak lagu religi yaitu Wali band.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memaparkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam lirik lagu pada album spesial religi cari berkah dalam kaitannya akhlak terhadap Allah. (2) untuk memaparkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam lirik lagu pada album spesial religi cari berkah dalam kaitannya akhlak terhadap sesama manusia. (3) untuk memaparkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam lirik lagu pada album spesial religi cari berkah dalam kaitannya akhlak terhadap alam atau lingkungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Sumber data primer yang digunakan adalah lirik lagu dalam album spesial religi Cari Berkah karya Wali band dan sumber data sekunder yang digunakan yaitu sumber-sumber lain yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan akhlak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat nilai pendidikan akhlak terhadap Allah yang ditunjukkan dalam lagu Si Udin Bertanya, Cari Berkah, Status Hamba, Aku Cinta Allah, Ya Allah, Tuhan, Tobat Maksiat, dan Abatasa, berupa berdoa, bertaubat, mentauhidkan Allah, ridha dengan ketetapan Allah, tawakal, husnudzan, dan bersyukur. (2) Akhlak terhadap sesama meliputi: akhlak terhadap Rasulullah, terdapat dalam lirik lagu Mari shalawat yaitu mengucap shalawat dan salam kepada Rasulullah, akhlak terhadap keluarga, terdapat dalam lirik lagu Abatasa dan Status Hamba yaitu berbakti kepada orang tua, akhlak terhadap diri sendiri, terdapat dalam lirik lagu Mari Sholawat dan Si Udin Bertanya yaitu sabar dan mau mengajarkan ilmu kepada orang lain. Akhlak terhadap orang lain, terdapat dalam lirik lagu Cari Berkah dan Si Udin Bertanya yaitu berbagai dengan sesama dan tawadhu terhadap sesama manusia. (3) akhlak terhadap alam atau lingkungan, terdapat dalam lirik lagu Tobat Maksiat yaitu bertafakur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:06
Last Modified: 02 Jun 2021 06:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14688

Actions (login required)

View Item View Item