Media pembelajaran google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi di SMP Negeri 1 Sawoo tahun ajaran 2020/2021

Nisa, Aliza Nadhifatun (2021) Media pembelajaran google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi di SMP Negeri 1 Sawoo tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417014_ALIZA NADHIFATUN NISA_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aliza Nadhifatun Nisa, 2021. Media Pembelajaran Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Di SMP Negeri 1 Sawoo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Muhammad Widda Djuhan, S.Ag,. M.Si.
Kata kunci: Google Classroom, Motivasi Belajar
Adanya pandemi covid-19 di Indonesia terdampak pada beberapa sektor khususnya pendidikan. Guna mengurangi meluasnya pandemi covid-19 pemerintah merubah system pendidikan yang mulanya tatap muka menjadi daring. Kebijakan ini membuat siswa terpaksa belajar dari rumah. Dengan memanfaaatkan tekhnologi yang semakin maju pihak sekolah diharapkan bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan maksimal untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui media pembelajaran google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi Di SMP Negeri 1 Sawoo tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (Data Display), dan tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Subyek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa SMP Negeri 1 Sawoo.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan penggunaan google classroom dapat meningkatkan keinginan, daya tarik, motivasi dan juga membangkitkan keinginan belajar siswa. Selain itu penggunaan google classroom dapat membantu siswa dalam memahami materi IPS yang telah diberikan. Peningkatan kualitas belajar dapat dilihat melalui peningkatan kegiatan belajar mengajar maupun peningkatan hasil akir perolehan nilai siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:56
Last Modified: 02 Jun 2021 05:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item