..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Penerapan Pendekatan PMRI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Siswa SDN I Sengon Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek

Mahmudhah, Fatrothul (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Penerapan Pendekatan PMRI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Siswa SDN I Sengon Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FATROTHUL MAHMUDHAH 210617205 F.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1).Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran matematika kelas V dengan pendekatan PMRI yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 2). Bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V melalui pendekatan PMRI, 3).Bagaimanakah respon siswa kelas V terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI. SDN I Sengon memiliki tingkat hasil yang masih rendah yang dikarenakan pembelajaran kurang memotivasi siswa, penjelasan yang diberikan guru masih abstrak sehingga yang dibayangkan siswa adalah rumus, perhitungan dan tingkat kesukaran mengerjakan soal matematika.
Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan meodel Kemmis & McTaggart, dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data melalui proses pembelajaran dan observasi kelas. Responden dalam penelitian ini siswa kelas V SDN I Sengon dengan jumlah siswa 9 anak 5 laki-laki dan 4 perempuan.Teknik prngumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan soal evaluasi.
Penelitian ini melalui tiga siklus, yang mana siklus pertama dengan materi volume kubus, siklus II materi volume balok dan siklus III volume prisma. Disetiap siklusnyadiadakan poet test untuk mengukur sejauh mana peningkatan hasil belajarnya, dan motivasi guru untuk meningkatkan semangat belajar dan antusias siswa yan berbeda. Observasi siswa dalam belajarnya di setiap siklusnya untuk mengetahui keantusiasan dan kefahaman siswa dilaksanakan.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian di SDN I Sengon membuktikan hasil belajar matematika dengan pendekatan PMRI meningkat, dan respon siswa sangatlah bagus yang awalnya siswa apabila mengerjakan siswa tidak antusias karena kesulitan sekarang banyak yang suka dan semangat. Hasil di setiap siklusnya meningkat, yaitu dengan nilai siklus I yang mencapai KKM terdapat 2 siswa dengan nilai 88, pada siklus II nilai mencapai KKM 4 siswa yaitu dengan nilai 94 dan 88, pada siklus III hampi semua mencapai KKM yaitu dengan nilai 76-98. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa hasil belakjar matematika dengan pendekatan PMRI meningkat dan siswa merespon aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:40
Last Modified: 02 Jun 2021 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14686

Actions (login required)

View Item View Item