Analisis Kinerja Advokat dalam Pengurusan Sengketa Perceraian Terhadap Istri yang Bekerja di Luar Negeri di Pengadilan Agama Ponorogo Tahun 2019

Pratama, Rian (2021) Analisis Kinerja Advokat dalam Pengurusan Sengketa Perceraian Terhadap Istri yang Bekerja di Luar Negeri di Pengadilan Agama Ponorogo Tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI RIAN PRATAMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Pratama, Rian 2019. Analisis Kinerja Advokat Dalam Pengurusan Sengketa Perceraian Terhadap Istri Yang Bekerja Di luar Negeri Di Pengadilan Agama Ponorogo Tahun 2019. Skripsi. Program Studi Hukum Keluarga Islam Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Martha Eri Safira, M.H.

Kata Kunci: Kinerja Advokat, Sengketa Perceraian, Istri yang bekerja di luar negeri.

Advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan undang-undang. Berangkat dari fenoma yang terjadi di Ponorogo dengan tingginya angka perceraian yang diajukan oleh pihak istri yang bekerja di luar negeri yang menggunakan jasa advokat agar mempermudah dan memepercepat dalam memproses sengketa perceraian. Melihat faktor-fakror yang menjadi istri tersebut menggunakan jasa advokat hal ini menunjukkan bahwa advokat telah menyadari dan mengerti tentang prosedur yang harus di lalui dalam proses sengketa perceraian dan menyadari akan hak suami istri.
Berkaitan dengan permasalahan tersebut peneliti ingin melakukan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana kinerja advokat dalam membantu kasus perceraian yang diajukan oleh istri yang bekerja di luar negeri? 2). Bagaimana tinjauan teori kesadaran hukum terhadap kinerja advokat dalam membantu kasus cerai oleh istri yang bekerja di luar negeri?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, display, dan pengambilan kesimpulan.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1). Bahwa kinerja Advokat di Pengadilan Agama Ponorogo dalam membantu pengurusan sengketa perceraian terhadap istri yang bekerja di luar negri sudah sesuai dalam dalam UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat yaitu dalam hal pengangkatanya maupun dalam menjalankan tugasnya. Karena Advokat di Pengadilan Agama Ponorogo dalam menjalankan tugasnya sudah memenuhi prosedur yang berlaku. 2). Adapun Kesadaran Hukum Advokat di Pengadilan Agama Ponorogo dalam membantu pengurusan sengketa perceraian terhadap istri yang bekerja di luar negri sudah sesuai dalam teori kesadaran hukum kareana Advokat di Kabuaten Ponorogo sudah memenuhi indikator, syarat, prosedur, dan tahapan-tahapan yang harus dimiliki seorang advokat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Martha Erisafira
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:56
Last Modified: 02 Jun 2021 05:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14680

Actions (login required)

View Item View Item