Peran Organisasi Ekstra Kampus Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Komunikasi Mahasiswa (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Organisasi Keluarga Mahasiswa Nahdlotul Ulama (KMNU) IAIN Ponorogo)

Eka Oviana Muslimah, Eka Oviana Muslimah (2021) Peran Organisasi Ekstra Kampus Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Komunikasi Mahasiswa (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Organisasi Keluarga Mahasiswa Nahdlotul Ulama (KMNU) IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211017030_Eka Oviana Muslimah_KPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Eka Oviana Muslimah. 2021. Peran Organisasi Ekstra Kampus dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Komunikasi Mahasiswa (Studi Deskriptif Kualitatif pada Organisasi Kelurga mahasiswa Nahdlotul Ulama’ (KMNU) IAIN Ponorogo), Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muslih Aris Handayani, M.Si.

Kata Kunci: Peran Organisasi, Kecerdasan Emosional, Komunikasi
Organisasi merupakan pola komunikasi yang kompleks dan hubungan-hubungan lain dalam suatu kelompok manusia. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi mahasiswa yaitu Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient). Mahasiswa yang mampu mengelola kecerdasan emosionalnya dengan baik akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain, karena dirinya mampu mengatasi ketegangan emosi yang dialami dan lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Contoh kasus Peran Organisasi KMNU IAIN Ponorogo dalam mengembangkan kecerdasan emosional komunikasi mahasiswa. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif dan bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran organisasi ekstra kampus dalam mengembangkan kecerdasan emosional komunikasi mahasiswa.
Untuk mengetahui bagaimana peran organisasi ekstra kampus dalam mengembangkan kecerdasan emosional komunikasi mahasiswa, maka penulis berusaha untuk menjelaskan bagaimana kegiatan, strategi dan peran organisasi ekstra kampus KMNU dalam mengembangkan kecerdasan emosional komunikasi mahasiswa.
Hasil dari penelitian ini adalah KMNU IAIN Ponorogo memiliki beberapa program kegiatan yang mengasah pada kecerdasan emosional komunikasi mahasiswa. Selain itu, ada juga pelatihan menjadi humas yang langsung pada eksekusi kepanitiaan kegiatan KMNU IAIN Ponorogo. Sedangkan strategi yang diterapkan KMNU IAIN Ponorogo dengan mengadakan kegiatan dan pelatihan yang menjurus pada public speaking. Organisasi KMNU berbasis jama’ah sehingga aktif dalam interaksi sosial, dan menekankan kepada kader untuk mempelajari juga bersosialisasi dengan pihak lain untuk mencari pengalaman atau berdiskusi secara terbuka. Dan peran KMNU IAIN Ponorogo dalam mengembangkan kecerdasan emosional komunikasi mahasiswa adalah dengan memantau dan mengamati perkembangan anggota KMNU, terbukti para anggota di wilayahnya menjadi pengurus organisasi kemasyarakatan seperti pengurus NU baik tingkat kabupaten maupun kecamatan, Anshor, Banser serta menjadi pengurus KMNU baik tingkat Perguruan Tinggi, Regional maupun Nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muslih Aris Handayani
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:55
Last Modified: 02 Jun 2021 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14677

Actions (login required)

View Item View Item