kasus kawin hamil di desa coper kecamatan jetis kabupaten ponorogo

Putri, Athur Bekti marliana (2021) kasus kawin hamil di desa coper kecamatan jetis kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E THESIS FIKS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Putri, Athur Bekti Marliana, 2021.Skripsi. kasus kawin hamil di desa coper kecamatan jetis kabupaten ponorogo (prespektif hukum islam) Jurusan Hukum Keluarga Islam Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahyu Saputra. S.H.I., M.H.L.I

Kata kunci : Perkawinan, Pemilihan Pasangan, Kawin Hamil

Penikahan hubungan permanen antar laki-laki dan perempuan yang diakui sah oleh masyarakat yang bersangkutan yang berdasarkan atas peraturan perkawinan yang berlaku. Semakin berkembangnya zaman dan semakin maraknya pergaulan bebas pada zaman sekarang ini banyak menyebabkan pernikahan tidak sesuai seperti yang ada di hukum islam salah satunya adalah kawin hamil yakni wanita yang hamil sebelum melakukan adanya perkawinan, yang di mana seharusnya menikah dengan orang yang seperti suaminya maksutnya orang yang menyebabkan kehamilan dan seharusnya wanita hamil karena zina memiliki massa Iddah yang dimana menikah harus menunggu anaknya lahir terlebih dahulu. Tetapi yang berada di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponoronogo menikakahkan wanita yang hamil di luar nikah sebelum anaknya lahir. Namun masyarakat Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo sudah mempunyai cara untuk meneyelesaikan permasalahn tersebut.
Dari latar belakang di atas penulis merumuskan masalah (1) Bagaimna pemenuhan syarat rukun dalam kasus kawin hamil di Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo Prespektif Hukum Islam?, (2) Bagaimana penyelesaian kasus masalah kawin hamil di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo Prespektif Hukum Islam?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini bisa di simpulkan bahwa (1) Tidak sesuai, walupun ada ulama yang membolehkan mengawini wanita hamil, tetapi kasus yang ada di Desa Coper Kecamaatn Jetis Kabupaten Ponorogo tidak terpenihi sepenuhnya sehingga mengakibatkan perkawinan itu tidak sah . (2) Penyelesaian kasus kawin hamil di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo menurut Imam Syafi’I sah sedangkan menurut Imam Abu Hanifah kasus tdak sah yang satu sah dari ketiga kasus yang ada di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupate Ponorogo.
.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:28
Last Modified: 02 Jun 2021 06:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14671

Actions (login required)

View Item View Item