NILAI-NILAI AKHLAK DALAM KEPEMIMPINAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI SKI MADRASAH ALIYAH KELAS XI KURIKULUM 2013

Anitasari, Yesi (2021) NILAI-NILAI AKHLAK DALAM KEPEMIMPINAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI SKI MADRASAH ALIYAH KELAS XI KURIKULUM 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317106_YESI ANITASARI_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak adalah pendidikan yang sangat penting guna untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk mencapai perilaku yang baik yang sesuai dengan syari’at Islam. Memiliki akhlakul karimah sangat dianjurkan bagi semua umat manusia, apalagi jika seorang pemimpin memiliki akhlak yang baik maka akan menjadi teladan bagi seluruh rakyatnya. Sosok pemimpin yang sangat baik dan dapat diteladani akhlak mulianya ialah Khalifah Harun ar-Rasyid, Khalifah Bani Abbasiyah yang ke lima. Khalifah Harun ar-Rasyid seorang pemimpin yang dapat diteladani keshalihan, kecerdasan, kedermawanan, keadilan dan ketegasannya dalam memimpin pemerintahannya. Penulis dalam penelitian ini merelevansikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kepemimpinan Khalifah Harun ar-Rasyid dengan materi sejarah kebudayaan Islam yang di dalamnya terdapat sejarah Khalifah Harun ar-Rasyid yang dapat dikaji sejarahnya.
Dalam kepemimpinan Khalifah Harun ar-Rasyid kita dapat mengambil nilai-nilai pendidikan akhlak melalui buku Kejayaan Sang Khalifah Harun ar-Rasyid maka penulis tertarik untuk menelitinya dengan tujuan: (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kepemimpinan Khalifah Harun ar-Rasyid (2) untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak pada kepemimpinan Khalifah Harun ar-Rasyid dengan materi SKI Madrasah Aliyah kelas XI Kurikulum 2013.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian pustaka (library research), karena dalam pengumpulan data-datanya peneliti menggunakan bahan-bahan pustaka sebagai sumber utama penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan teknik studi dokumenter, yaitu dengan mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, berupa arsip-arsip dan juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil/hukum-hukum. Adapun teknik analisis datanya adalah analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian ini ditemukan (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kepemimpinan Khalifah Harun ar-Rasyid, meliputi: adil, bijaksana, zuhud, taat beribadah, jujur, amanah, tegas, dermawan, cerdas. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak pada kepemimpinan Khalifah Harun ar-Rasyid dengan materi SKI Madrasah Aliyah kelas XI Kurikulum 2013, meliputi: cerdas, tangguh, gemar bersedekah, bertanggungjawab dan bertakwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:13
Last Modified: 02 Jun 2021 05:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14660

Actions (login required)

View Item View Item