(PERBAIKI PDF TAMPILAN FULL SETIAP LEMBAR, LENGKAPI ABSTRAK, UPLOAD ULANG)...Strategi Wali Kelas dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Jarak Jauh Siswa MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman

Agustin, Nanila (PERBAIKI PDF TAMPILAN FULL SETIAP LEMBAR, LENGKAPI ABSTRAK, UPLOAD ULANG)...Strategi Wali Kelas dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Jarak Jauh Siswa MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
210317092 Nanila Agustin Skripsi Dummy..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Virus covid-19 mengubah sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Pendidikan yang semula kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka, kini harus dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Dalam masa pandemi covid ini, wali kelas MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman melakukan inovasi baru untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam kegiatan belajar jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Langkah-langkah wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar jarak jauh MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman (2) Langkah-langkah wali kelas dalam meningkatkan minat belajar jarak jauh MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman (3) Kendala-kendala yang yang dihadapi wali kelas dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar jarak jauh MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Mengenai teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahapan-tahapan dalam penelitian berupa tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, serta tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah wali kelas dalam meingkatkan motivasi belajar jarak jauh yaitu memahami peserta didik, pemberian nasihat, dan pemberian tugas sebagai daya saing. (2) Langkah-langkah wali kelas dalam meningkatkan minat belajar jarak jauh yaitu melakukan tanya jawab agar siswa terbiasa belajar sebelum pelajaran dimulai, pemilikan media dan metode yang tepat dengan situasi saat ini, kreativitas guru dan suasana belajar yang menyenangkan. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ialah kesulitan dalam hal menyampaikan materi kepada siswa, penggunaan jaringan internet, kurangnya pemahaman guru terhadap tools internet, keterbatasan waktu dalam mengajar, pengalaman mengajar guru, belum siap menghadapi perubahan situasi yang biasanya dilakukan tatap muka sekarang pembelajaran dengan daring atau jarak jauh.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:29
Last Modified: 02 Jun 2021 05:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14659

Actions (login required)

View Item View Item