Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 2 Ponorogo

Khamim, Muchammad (2021) Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317441_Muchammad Khamim_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khamim, Muchammad. 2021. Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Media Online, Pemahaman, PAI, Pandemi Covid-19.
Era Pendidikan dewasa ini memiliki problematika dalam pelaksanaannya, dampak wabah Covid-19 yang memberikan dampak terhadap pembelajaran PAI di sekolah. Keadaan seperti ini memaksa dunia pendidikan melakukan proses pembelajaran secara daring (online). sesuai dengan Kebijakan tersebut merupakan implementasi dari Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan, dan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Dease (COVID-19. Media online di masa pandemi Covid-19 ini menimbulkan berbagai tanggapan serta dampak dan perubahan sistem belajar yang dapat mempengaruhi proses KBM serta tingkat perkembangan serta pemahaman peserta didik dalam merespon materi yang disampaikan..
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi penerapan media online berbasis google classroom dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di masa pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. 2) Untuk mengetahui ap saja faktor pendukung dan penghambat penerapan media online berbasis google classroom dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di masa pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. 3) Untuk mengetahui hasil penerapan media online berbasis google classroom dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di masa pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, Lokasi Penelitian di SMAN 2 Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara.

Penelitian ini menunjukkan : 1) Strategi yang di gunakan dalam pembelaran onlie agar materi Pendidikan Agama Islam dapat terfahami adalah dengan mengemas materi secara kreatif dan inovatif dan mengkolaborasikan media pembelajaran serta memberikan apresiasi dan memotivasi siswa. 2) Hasil pembelajaran menggunakan google cukup efektif dan siswa faham akan materi yang disampaikan melalui media google classroom.untuk perbedaan bisa di lihat bahwasannya siswa lebih aktif pada saat pembelajaran online menggunakan google classroom dari pada pembelajaran luring, dibuktikan dengan hasil evaluasi sebelum dan sesudah menggunakan google clasroom berupa nilai ujian yang atas kriteria kelulusan minimal (KKM). 3) Faktor pendukung pembelajaran menggunakan google classroom yaitu , Aplikasi tidak memerlukan kuota yang banyak, fasilitasnya lengkap, Penggunaan bisa kapan pun dimanapun, Dapat dibuka ulang serta memutus penyebaran covid-19. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Sinyal, Jaringan, Tidak dapat mengetahui kondisi psikis siswa serta sisea mudah bosen dan jenuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:52
Last Modified: 02 Jun 2021 04:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14657

Actions (login required)

View Item View Item