(LENGKAPI ABSTRAK, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata PelajaraN Al-Qur'an Hadits Siswa Kelas VIII MTsN 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2020-2021

Hani'ah, Sholikhatul (2021) (LENGKAPI ABSTRAK, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata PelajaraN Al-Qur'an Hadits Siswa Kelas VIII MTsN 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
kirim ethesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar di MTsN 5 Ponorogo yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka beralih ke sistem online. Hal ini membuat sebagian guru yang kurang menguasai teknologi mengalami kebingungan dalam mengajar siswanya, sebagian besar guru tersebut memanfaatkan aplikasi google classroom dan whatsapp untuk kegiatan belajar mengajar, tentunya kegiatan belajar mengajar ini akan mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivas Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTsN 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2020-2021. (2) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTsN 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2020-2021. (3) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTsN 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2020-2021.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 42 siswa, pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner (angket). Untuk uji validitas menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas dengan cronbach alpha. Dan untuk teknik analisis data dengan perhitungan statistik, yaitu teknik analisis uji normalitas, regresi linier sederhana dan regresi linier ganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan metode pembelajaran daring terhadap motivasi belajar pada pelajaran Al-Qu’an Hadits siswa kelas VIII di MTsN 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021 berpengaruh sebesar 13,7%. (2) Penggunaan metode pembelajaran daring terhadap hasil belajar Al-Qu’an Hadits siswa kelas VIII di MTsN 5 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021 berpengaruh sebesar 15,6% adapun sisanya 84,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. (3) Penggunaan metode pembelajaran daring terhadap motivasi dan hasil belajar Al-Qu’an Hadits siswa kelas VIII di MTsN 5 Ponorogo Tahun Pelajaran berpengaruh sebesar 48,36% adapun sisanya 51,64 dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:29
Last Modified: 02 Jun 2021 04:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item