PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX K MTsN 2 PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Hariz Yulian Nur, Fiqri (2021) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX K MTsN 2 PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417049_HARIZ YULIAN_IPS.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Fiqri, Hariz Yulian Nur. 2021. Penerapan Model contextual teaching learning (CTL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran IPS TERPADU kelas IX.K MTsN 2 ponorogo Tahun ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, M.Si.

Kata Kunci : Strategi pembelajaran, Penerapan Model contextual teaching learning CTL, Keaktifan Belajar, IPS Ilmu Pengetahuan Sosial, Terpadu

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran IPS terpadu yang masih menggunakan strategi yang monoton atau konvensional yaitu pembelajaran yang masih berpusat pada guru tersebut. Hal ini mengakibatkan para siswa menjadi pasif dan tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan keaktifan proses belajar siswa-siswi dengan menggunakan strategi penerapan model contextual teaching learning (CTL) untuk dapat meningkatkan keaktiafan belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan penerapan strategi pembelajaran contextual teaching learning (CTL) pada proses pembelajaran IPS TERPADU dengan materi bentuk, dampak, upaya serta pengaruh globalisasi Dan kebudayan nasional Pada kelas IX.K MTsN 2 ponorogo, (2) menjelaskan peningkatan keaktifan belajar dalam proses pembelajaran IPS TERPADU dengan menggunakan strategi contextual teaching learning (CTL).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara langsung dan bertahap oleh peneliti, dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX.K MTsN 2 ponorogo yang berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terstruktur, dan dokumentasi . analisis data dilakukan dengan menggunakan diskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang lebih jelas dan terperinci. Urutan kegiatan penelitain mencakup:(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses penerapan pembelajaran IPS TERPADU menggunakan strategi contextual teaching learning (CTL) sudah berjalan dengan baik dan kondusif terlihat dari beberapa aspek yang ditemui siswa sudah dapat dapat mengkonstruksikan pengetahuan yang ditemukan (2) Adanya peningkatan pada setiap siklus keaktifan belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan belajar dengan presentase pada siklus I sebesar 44%, pada siklus II sebesar 81%, pada siklus III sebesar 94%. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan keaktifan pada proses belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:20
Last Modified: 02 Jun 2021 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14641

Actions (login required)

View Item View Item