Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Mind Mapping dan Power Point Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MAN 1 Ponorogo Tahun 2020/2021

Vidia, Elma Arma (2021) Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Mind Mapping dan Power Point Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MAN 1 Ponorogo Tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317124 ELMA ARMA VIDIA.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Vidia, Elma Arma. 2021. Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Mind Mapping dan Power Point Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MAN 1 Ponorogo Tahun 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping, Power Point, Akidah Akhlak.

Media pembelajaran merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Keberadaannya menjadi penting untuk menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, pemilihan dan penetapannya sesuai dengan materi pembelajaran menjadi keniscayaan. Rendahnya pencapaian hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang diduga ikut berkonstribusi yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI IPS di MAN 1 Ponorogo adalah rendahnya sikap siswa dalam proses pembelajaran. Lemahnya sikap tersebut tampaknya lebih dipengaruhi oleh guru yang tidak terbiasa menggunakan media pembelajaran. Perbedaan karakteristik materi menuntut guru lebih bijak dalam menetapkan media pembelajaran. Sebagai alat bantu memperjelas pesan yang disampaikan guru, ketersediaan media pembelajaran yang tepat memungkinkan siswa dapat belajar secara mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IPS di MAN 1 Ponorogo Tahun 2020/2021; (2) Menjelaskan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran power point pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IPS di MAN 1 Ponorogo Tahun 2020/2021; (3) Menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran mind mapping dan power point pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IPS MAN 1 Ponorogo Tahun 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI IPS MAN 1 Ponorogo. Sampel dipilih secara nonprobability sampling (purposive sampling) berdasarkan data dari guru Akidah Akhlak yakni kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 memiliki minat belajar yang sama dibandingkan dengan kelas lain. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis sedangkan analisis statistik yang digunakan adalah uji t (independent sample t-test).
Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran mind mapping memiliki rata-rata sebesar 23,30; (2) Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran power point memiliki rata-rata sebesar 17,00; (3) Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran mind mapping dan power point. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang diketahui bahwa 2,520 (thitung ) > 2,204 (ttabel). Sedangkan nilai signifikasi 0,016 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media mind mapping lebih baik dibandingkan menggunakan media power point.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:27
Last Modified: 02 Jun 2021 04:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14638

Actions (login required)

View Item View Item