IMPLEMENTASI KONSEP KARAKTER IBNU HAJAR AL-'ASQALĀNĪ DALAM KITAB BULŪGH AL-MARĀM MIN ADILLAT AL-​AHKĀM DI MA DARUL HUDA PONOROGO

Lailiyah, Nikmatu (2021) IMPLEMENTASI KONSEP KARAKTER IBNU HAJAR AL-'ASQALĀNĪ DALAM KITAB BULŪGH AL-MARĀM MIN ADILLAT AL-​AHKĀM DI MA DARUL HUDA PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317214_NIKMATU LAILIYAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu karakter yang tidak kalah penting untuk ditanamkan pada diri peserta didik sejak dini ialah karakter disiplin karena sangat besar peran pendidikan karakter disiplin dalam membentuk perilaku seseorang. Untuk merealisasikan dalam kehidupan, pendidikan karakter disiplin harus dilakukan terus menerus, sejak usia dini sampai dewasa. Penerapan pendidikan karakter disiplin akan lebih maksimal jika didukung dan melalui kerjasama dari berbagai pihak, sehingga disiplin tidak hanya ditanamkan dalam kegiatan sekolah saja namun juga dirumah. Di MA Darul Huda dikaji sebuah kitab yang dikarang oleh Ibnu Hajar al-‘Ashqala>ni> yaitu kitab Bulūgh al-Marām min Adillat al-​Ah}kām bab adab yang memiliki konsep pendidikan karakter yang penting untuk dikaji lebih mendalam, diajarkan, dan diterapkan guna membentuk peserta didik yang berkarakter.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi konsep karakter Ibnu Hajar al-'Asqalānī dalam Kitab Bulūgh al-Marām bab adab dalam membentuk karakter disiplin keseharian peserta didik di MA Darul Huda Ponorogo, (2) untuk mengetahui konstribusi konsep karakter Ibnu Hajar al-'Asqalānī dalam Kitab Bulūgh al-Marām bab adab bagi perkembangan pada karakter disiplin peserta didik di MA Darul Huda ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang digunakan sebagai pengumpulan data. Sedangkan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menyimpulkan: (1) Implementasi konsep karakter Ibnu Hajar al-'Asqalānī dalam Kitab Bulūgh al-Marām min Adillat al-​Ah}kām bab adab dalam membentuk karakter disiplin keseharian peserta didik di MA Darul Huda Ponorogo dapat dilakukan dengan berbagai cara dan usaha para ustadz/ustadzahnya mengenai adab kepada Allah, adab kepada diri sendiri, dan adab kepada orang lain (2) setelah diadakannya pengimplementasian konsep karakter Ibnu Hajar al-'Asqalānī di MA Darul Huda Ponorogo banyak perkembangan dari diri peserta didik terutama karakter disiplin akan adab kepada Allah, adab kepada diri sendiri, dan adab kepada orang lain yang bertambah baik dari hari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:16
Last Modified: 02 Jun 2021 04:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14634

Actions (login required)

View Item View Item