NILAI KARAKTER DALAM FILM SAYAP KECIL GARUDA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Mutiah, Siti (2021) NILAI KARAKTER DALAM FILM SAYAP KECIL GARUDA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI E THESES SITI MUTIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mutiah, Siti. 2021. Nilai Karakter dalam Film Sayap Kecil Garuda dan Relevansinya dengan
Pendidikan Multikultural. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Lukman Hakim, M. Pd.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Film Sayap Kecil Garuda, Pendidikan Multikultural
Indonesia merupakan Negara majemuk, yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, budaya dan adat yang berbeda. Perbedaan tersebut dilihat dari kondisi sosial-kultur dan geografis berbagai wilayah Indonesia. Dengan adanya keberagaman tersebut menjadi alat perekat antar sesama dan mewujudkan keharmonisan. Namun, kenyataan saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia kurang menghargai adanya keberagaman. Khususnya bagi anak sekolah dasar.
Berbagai konflik atau masalah yang dialami anak usia dini terkait dengan pendidikan multikultural seperti: (1) Toleransi contohnya anak MI yang kurang menghargai pendapat teman dalam satu kelas, (2) Nilai Persamaan dan persaudaraan contohnya dengan kurangnya persaudaraan dengan teman dikelas, kurangnya rasa persaudaraan dan munculnya sikap egois anak MI., (3) Nilai Humanis contohnya kurangnya sikap mandiri pada anak sekolah dasar, (4) Nilai berbaik sangka contohnya kurangnya berpikir positif anak sekolah dasar, (5) Nilai Tolong menolong, contohnya ketika ada temannya yang jatuh dari sepeda bukannya menolong tapi malah mengetawakan, (6) Demokrasi, contohnya kebanyakan anak MI lebih mengutamakan kepentingan sendiri di atas kepentingan bersama, (7) cinta tanah air, kurangnya penggunaan bahasa daerah bagi anak MI. Berbagai masalah yang terjadi di MI terkait dengan multikultural harus diatasi dengan baik. Dengan cara memberikan solusi terhadap dengan banyaknya kasus tersebut. Untuk menanggulangi masalah tersebut perlu adanya media pembelajaran yang baik bagi anak sekolah dasar salah satunya menggunakan media film.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam Film Sayap Kecil Garuda, (2) untuk menjelaskan relevansi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film Sayap Kecil Garuda dengan pendidikan multikultural
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan literer dengan jenis kepustakaan atau (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik literer atau dokumenter. Metode ini digunakan untuk mengetahui nilai-nilai karakter dalam film Sayap Kecil Garuda. Dan juga, relevansinya dengan pendidikan multikultural. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis).
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film Sayap Kecil Garuda antara lain: a) nilai toleransi, b) nilai religius, c) nilai mandiri, d) jujur, e) nilai peduli sosial, f) rela berkorban, i) cinta tanah air. (2) relevansi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film Sayap Kecil Garuda dengan pendidikan multikultural antara lain Nilai Toleransi, Nilai Persamaan dan Persaudaraan, Nilai Kemanusiaan (Humanis), Berbaik sangka, Nilai Tolong Menolong, Nilai Demokrasi, Nilai Cinta Tanah Air.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:16
Last Modified: 02 Jun 2021 04:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14629

Actions (login required)

View Item View Item