Kreativitas Guru Dalam Menanamkan Kedisiplinan Santri TPQ di Ngganen Ngrayun Ponorogo

Rianto, Agus (2021) Kreativitas Guru Dalam Menanamkan Kedisiplinan Santri TPQ di Ngganen Ngrayun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AGUS_RIANTO_210317355[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rianto, Agus. 2021. Kreativitas Guru Dalam Menanamkan Kedisiplinan Santri TPQ Di Ngganen Ngrayun Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Numan Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci: kreativitas guru, kedisiplinan santri
Banyaknya kenakalan santri dan semakin menurunnya etika dan moral santri. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya perbuatan santri yang berkelahi dengan temannya, terlambat datang ke TPQ, tidak mau mengerjakan tugas. Dari kenakalan santri tersebut perlu adanya suatu tindakan atau kreativitas guru agar para santri disiplin, dikarenakan guru mempunyai peran penting terhadap santri. Kreativitas guru merupakan kemampuan atau keahlian seseorang dalam menciptakan suatu yang baru, yang unik, untuk mencapai kreativitas yang efisien dan produktifitas kerja. Kreativitas guru sangat perlu dibutuhkan agar para santri menjadi disiplin. Kedisiplinan santri haruslah di ajrkan dan dibiasakan dari usia dini sampai dewasa. Penerapan kedisiplinan santri akan lebih maksimal jika didukung dari berbagai pihak, sehingga disiplin tidak hannya diterapkan di sekolah saja namun juga dirumah.
Dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Bentuk kedisiplinan santri TPQ di Ngganen Ngrayun Ponorogo, (2). Bentuk kegiatan kreatif guru TPQ di Ngganen Ngrayun Ponorogo, (3). Kontribusi kreativitas guru TPQ terhadap penanaman kedisiplinan santri TPQ di Ngganen Ngrayun Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data,melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasanya (1) bentuk kedisiplinan santri TPQ di Ngganen Ngrayun Ponorogo sudah cukup baik meskipun sebagaian kecil santri belum disiplin. Bentuk Kedisiplinan santri TPQ tersebut antara lain datang tepat waktu, mengikuti proses belajar mengajar dengan tertib, sholat lima waktu, mengaji Iqra/Al-Quran, dan belajar. Adapun santri yang belum disiplin sholat, mengaji, dan belajar dikarenakan belum ada kewajiban untuk melakukannya. (2) Bentuk kegiatan kreatif guru TPQ di Ngganen Ngrayun Ponorogo diantaranya yaitu guru TPQ memberikan afirmasi positif kepada santri, diberikan perumpamaan kemudian diberikan keteladanan bagi santri dari guru, guru datang tepat waktu, guru sopan saat bergaul dengan usia lebih tua darinya. (3) Kontribusi kreativitas guru TPQ terhadap penanaman kedisiplinan santri TPQ di Ngganen Ngrayun Ponorogo yaitu santri menjadi disiplin terhadap sholat, belajar dan mengajinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:08
Last Modified: 02 Jun 2021 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14622

Actions (login required)

View Item View Item