PENGARUH BIMBINGAN KONSELING DAN KARTU HIJAU TERHADAP DIMENSI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA DARUL HUDA MAYAK TAHUN AJARAN 2020/2021

Ridwan, Muhamad (2021) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING DAN KARTU HIJAU TERHADAP DIMENSI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA DARUL HUDA MAYAK TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317142_MUHAMAD RIDWAN_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ridwan, Muhamad. Pengaruh Bimbingan Konseling dan Kartu Hijau Terhadap Dimensi Religiusitas Peserta Didik di Kelas XI MA Darul Huda Mayak Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Safiruddin Al Baqi, MA.

Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Kartu Hijau, Religiusitas Peserta Didik

Pendidikan Islam adalah aktivitas bimbingan yang disengaja untuk mencapai kepribadian muslim, baik yang berkenaan dengan dimensi jasmani, rohani, akal maupun moral. Keadaan yang ideal bagi peserta didik di dalam pendidikan Islam, hendaknya mampu menerapkan nilai-nilai ajaran agama yang telah didapatnya dalam kehidupan sehari-hari. Di MA Darul Huda Mayak masih ditemukan peserta didik yang berperilaku belum sesuai dengan ketentuan madrasah, hal ini menunjukkan bahwa dimensireligiusitasnya masih kurang. Oleh karena itu, harus adanya bimbingan dan pemantauan dari madrasah di dalam meningkatkan religiusitas peserta didik.Di samping itu, kami menemukan adanya program madrasah yaitu bimbingan konseling dan kartu hijau. Dari sini kami tertarik untuk mengetahui apakah dari kedua program tersebut bisa menjadi solusi dari permasalahan yang muncul di MA Darul Huda Mayak ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh bimbingan konseling terhadap dimensi religiusitas peserta didik kelas XI di MA Darul Huda Mayak. (2) apakah terdapat pengaruh kartu hijau terhadap dimensi religiusitas peserta didik kelas XI di MA Darul Huda Mayak. (3) apakah terdapat pengaruh bimbingan konseling dan kartu hijau terhadap dimensi religiusitas peserta didik kelas XI di MA Darul Huda Mayak.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Sampel ini diambil dengan menggunakan random sampling kepada 78 peserta didik dari jumlah total populasi 246 peserta didik. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengambilan data yang disebarkan kepada peserta didik kelas XI MA Darul Huda Mayak yang menjadi sampel, baik variabel bimbingan konseling, hijau maupun religiusitas peserta didik menggunakan angket di dalam pengambilan datanya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana dan analisis linear berganda.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) terdapat pengaruh antara bimbingan konseling terhadap religiusitas peserta didik di kelas XI MA Darul Huda Mayak dengan hasil perhitungan diperoleh t hitung 4,556 dengan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan persentase yang diperoleh sebesar 21,5%, adapun sisanya 78,5% dipengaruhi oleh variabel yang lain. (2) terdapat pengaruh antara kartu hijau terhadap religiusitas peserta didik di kelas XI MA Darul Huda Mayak dengan hasil perhitungan diperoleh t hitung3,281 dengan taraf signifikansi 0,002. Sedangkan persentase yang diperoleh sebesar 21,5%, adapun sisanya 78,5% dipengaruhi oleh variabel yang lain. (3) terdapat pengaruh antara bimbingan konseling dan kartu hijau terhadap religiusitas peserta didik di kelas XI MA Darul Huda Mayak dengan hasil perhitungan diperoleh F hitung 12,400 dengan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan persentase yang diperoleh sebesar 24,9%, adapun sisanya 75,1% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:08
Last Modified: 02 Jun 2021 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14618

Actions (login required)

View Item View Item