..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Nilai-Nilai Kompetensi Kepribadian Guru Ditinjau dari Perspektif Kutub al-Tis’ah (9 Kitab Hadis Mu’tabarat).

Fajar, Ibnu Shodiq (2021) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Nilai-Nilai Kompetensi Kepribadian Guru Ditinjau dari Perspektif Kutub al-Tis’ah (9 Kitab Hadis Mu’tabarat). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317151_IBNU SHODIQ FAJAR_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ibnu Shodiq Fajar, 2021,Nilai-Nilai Kompetensi Kepribadian Guru Ditinjau dari Perspektif
Kutub al-Tis’ah (9 Kitab Hadis Mu’tabarat). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Ahmad Lutfi, M. Fil. I.
Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Hadis, Guru.
Kompetensi kepribadian guru merupakan hal yang sangat penting dalam dunia
pendidikan. Banyak penelitian yang menjelaskan tentang besarnya pengaruh kompetensi
kepribadian guru terhadap hasil belajar. Namun di masa modern ini banyak guru yang seakan
kebingungan mencari pedoman tentang bagaimana cara menjadi guru yang baik sehingga mereka
menjadi terlalu memuja negara barat sampai lupa bahwa sebenarnya dalam islam sendiri sudah
dijelaskan berbagai hal tentang pendidikan yang baik dan benar. Sebagian guru yang kompetensi
kepribadiannya buruk bahkan menyebabkan berbagai problem yang mempersulit tercapainya
tujuan pendidikan.
Berdasar penjelasan tersebut, peneliti menuliskan tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)
Mengetahui nilai-nilai tanggungjawab guru berdasar perspektif kutub al-tis’ah. (2) Mengetahui
nilai-nilai kompetensi kepribadian guru berdasar perspektif kutub al-tis’ah.
Peneliti menggunakan metode library research untuk menjawab rumusan masalah di
atas. Sumber data penelitian library research bisa berupa jurnal pendidikan, buku-buku, kitab
ulama’ tesis, terbitan resmi pemerintah dan lain-lain. Teknik mengumpulkan data penelitian ini
yaitu: (a) Editing (b) Organizing (c) Analyzing. Teknik analisis data penelitian ini memakai
metode deduktif, induktif, komparatif guna menganalisa himpunan data yang tersedia.
Hasil penelitian yang didapat yaitu: (1) Nilai-nilai tanggungjawab guru berdasar
perspektif kutub al-tis’ah yaitu tanggungjawab profesi, tanggungjawab kemanusiaan,
tanggungjawab aspek moral, tanggungjawab aspek pendidikan, tanggungjawab aspek
kemasyarakatan, selalu memotivasi murid, mendidik murid agar menaati aturan agama, menjadi
teladan, menguasai teori yang objektif dan metodologis. (2) Nilai-nilai kompetensi kepribadian
guru berdasar perspektif kutub al-tis’ah adalah: (a) Akhlak terpuji (b) Dewasa (c) Berwibawa (d)
Arif (e) Kepribadian yang stabil dan mantap (f) Pengembangan diri dan evaluasi diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Lutfi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:07
Last Modified: 02 Jun 2021 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14615

Actions (login required)

View Item View Item