Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Upaya Mengatasinya di MA Maarif Al-Mukarrom, Kauman, Sumoroto, Ponorogo.

Khotimah, Husnul (2021) Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Upaya Mengatasinya di MA Maarif Al-Mukarrom, Kauman, Sumoroto, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317002_HUSNUL KHOTIMAH_PAI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Khotimah, Husnul. 2021. Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Upaya Mengatasinya di MA Maarif Al-Mukarrom, Kauman, Sumoroto, Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Faktultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M. Pd,I.

Kata kunci : Prokrastinasi Akademik, Mata Pelajaran PAI, Upaya mengatasinya.
Pendidikan sangat berkaitan dengan proses belajar, tak jarang dalam proses belajarnya terdapat masalah yang menyebabkan hasil belajar tidak maksimal. Siswa di jenjang SMA/MA masuk dalam kategori remaja. Dimasa ini harus mampu mengatasi krisis juga akan berdampak pada penyelesaian kewajiban belajar, termasuk adalah penundaan pengerjaan tugas dari guru. Perilaku menunda tugas merupakan perilaku yang dapat menghambat proses belajar siswa yang disebut Prokrastinasi akademik. Penundaan ini berkaitan dengan pengelolaan waktu luang. Prokrastinasi biasa terjadi setiap waktu merupakan masalah serius. Banyak siswa tetap melakukan prokrastinasi meskipun mereka mengetahui akibatnya.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bentuk perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam 2) Untuk mengetahui faktor penyebab perilaku prokrastinasi akademik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan 3) Untuk mengetahui upaya Kepala sekolah, guru PAI dan siswa dalam menghadapi perilaku prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Maarif Al-Mukarrom Kauman, Sumoroto, Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan untuk menjawab penelitian ini yakni dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yakni dengan teknik wawancara, observasi dam dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teori Milles dan Hubberman, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing.
Berdasarkan penelitian ini disimpulkan: 1) Bentuk perilaku prokrastinasi yang dilakukan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Maarif Al-Mukarrom adalah prokrastinasi akademik dengan jenis penundaan fungsional yang dilakukan karena ada kegiatan lain yang diprioritaskan, dan penundaan disfungsional yang dilakukan karena kurangnya percaya diri dan ketidakmampuan dalam menyelesaikan tugas. Sedangkan karakteristik siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi yakni: Perfectionist, dreamer, worrier, dan over dior. 2) Faktor-faktor yang menjadi penyebab perilaku prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal disebabkan oleh buruknya pengelolaan waktu, sulit konsentrasi, kondisi fisik. Dan Faktor eksternal disebabkan oleh lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. 3) Upaya-upaya yang dilakukan Kepala sekolah, guru PAI, dan siswa dalam menghadapi perilaku prokrastinasi akademik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Maarif Al-Mukarrom adalah: a) Kepala sekolah dengan memberi skorsing bagi siswa yang tidak dapat dikendalikan dan memberikan kewenangan kepada guru PAI untuk memberikan punishment. b) Guru PAI dengan memberikan jangka waktu penugasan dan memberikan punishment yang bersifat mendidik. c) Siswa dengan berkomitmen memperbaiki manajemen waktu, memberi reward dan punishment kepada diri sendiri, dan membuka sarana disksusi di luar jam pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:06
Last Modified: 02 Jun 2021 04:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14614

Actions (login required)

View Item View Item