Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Arab Melalui Strategi Pembelajaran Pada Siswa Kelas V Di SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo

Yumna, Najah Firdaus Yumna (2021) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Arab Melalui Strategi Pembelajaran Pada Siswa Kelas V Di SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NAJAH FIRDAUS YUMNA 210617164.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Firdaus Yumna, Najah. 2021. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Arab Melalui Strategi Pembelajaran pada Siswa Kelas V di SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati., M. Pd.
Kata Kunci : Strategi pembelajaran, Motivasi belajar.
Pentingnya motivasi belajar yang harus dimiliki siswa untuk keberhasilan belajar, karena peneliti menemukan faktor penghambat yang membuat siswa tidak semangat belajar Bahasa Arab. Tetapi di samping itu guru menyiapkan berbagai faktor pendukung dan solusi yaitu penggunaan strategi pembelajaran yang beragam untuk meningkakan motivasi belajar siswa.
Dari penjelasan di atas, maka tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan guru mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas V di SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas V di SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas V di SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan di atas, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Adapun infroman dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V, dan Siswa kelas V SDIT Al-Mawaddah.
Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa (1) Strategi pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran bahasa Arab di SDIT Al-Mawaddah bermacam-macam sesuai materi pembelajaran yang disampaikan. Tujuannya agar siswa tidak bosan ketika menerima berbagai materi pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. (2) Faktor pendukung untuk melaksanakan strategi pembelajaran didukung oleh guru mata pelajaran bahasa Arab yang selalu meningkatkan strategi pembelajaran untuk menyampaikan materi, motivasi dari Kepala Sekolah, dan siswa kelas V SDIT Al-Mawaddah. (3) Faktor penghambat yang dialami berasal dari faktor eksternal dan siswa kelas V SDIT Al-Mawaddah itu sendiri yang terkadang belum paham akan pembelajaran bahasa Arab, tetapi guru selalu memberi solusi untuk faktor penghambat yang dialami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:03
Last Modified: 02 Jun 2021 04:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14611

Actions (login required)

View Item View Item