Penerapan Sila Kelima Pancasila Dalam Membentuk Sikap Peduli Sosial Bagi Siswa SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun

Ria, Ulfa Asmatul (2021) Penerapan Sila Kelima Pancasila Dalam Membentuk Sikap Peduli Sosial Bagi Siswa SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617018_ULFA_ASMATUL_RIA[1].pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Ria, Ulfa Asmatul. 2021. Penerapan Sila Kelima Pancasila Dalam Membentuk Sikap Peduli Sosial Bagi Siswa SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun (Studi Kasus di SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.I.

Kata Kunci: Penerapan Sila Kelima Pancasila, Sikap Peduli Sosial
Penelitian yang telah dilakukan di SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun dilatar belakangi oleh terjadinya perkembangan zaman pada saat ini yang serba canggih dan akan dapat membawa dampak yang buruk bagi pendidikan di SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun. Apabila anak menyalahgunakan teknologi yang canggih pada saat ini. Sebagian besar siswa siswi terjerumus kedalam hal-hal yang negatif. Banyak anak pada saat ini malas belajar dan tidak mau belajar dikarenakan kecanduan game online dan tik tok. Keseharian anak akan dapat dihabiskan di tempat free wifi dengan teman-temannya. Selain itu masih ada juga sikap kurang disiplin dalam melaksanakan kegiatan di sekolah, tidak mengikuti kegiatan jum’at bersih, tidak melaksanakan piket harian, tidak menolong teman yang kesusahan, kurangnya sikap menghargai antara teman. Dari perkembangan zaman yang serba maju dan canggih ini maka perlu dilakukan penelitian yang mengkaji lebih dalam mengenai penerapan sila kelima Pancasila dalam membentuk sikap peduli sosial bagi siswa.
Tujuan penelitian ini memilih SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun sebagai tempat untuk penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan internal, penerapan eksternal dan implikasi dalam menerapkan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia serta membentuk sikap peduli sosial bagi siswa.
Pendekatan yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi tiga hal, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, yaitu meliputi reduksi data, display data dan yang terakhir mengambil kesimpulan.
Dari analisis dan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan nilai intenal dan eksternal sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam membentuk sikap peduli sosial di SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun antara lain: penerapan nilai internal yaitu, siswa menghargai orang lain, toleransi antar agama, menghargai orang yang lebih tua, menghormati guru dan staf karyawan. Penerapan nilai eksternal yaitu, siswa ikut serta dalam kegiatan gotong-royong di lingkungan sekolah, menisihkan uang saku untuk ditabung, mengerjakan pekerjaan rumah (PR) tepat waktu, mengikuti kegiatan upacara hari senin, mengikuti kegiatan senam dan beramal pada hari jum’at, membantu teman yang sedang kesulitan memahami materi pembelajaran dan memberi ucapan kepada teman yang mendapat juara kelas. (2) Implikasi penerapan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia di SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun antara lain dilakukan dengan memberikan pemahaman, memberikan pemahaman, memberikan contoh, memperhaikan siswa, memberikan stimulasi berupa hadiah dan pujian, memberikan panismen dan penghargaan. (3) Dengan adanya faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang ditemui maka akan terus membuat penerapan sila keadilan sosial ini berinovasi guna meningkatkan kinerja membentuk sikap peduli sosial unggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:02
Last Modified: 02 Jun 2021 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14607

Actions (login required)

View Item View Item