PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DAN TANYA JAWAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 JENANGAN PONOROGO

Khassanah, Ulfatun (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DAN TANYA JAWAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ULFATUN KHASSANAH TIPS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khassanah, Ulfatun. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dan Tanya Jawab Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelaajaran IPS di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr. H. Siti MaryamYusuf, M. Ag.
Kata Kunci: Metode Diskusi, Metode Tanya Jawab, dan Minat Belajar
Belajar adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Dalam rangka memperoleh pengetahuan dan keterampilan perlu adanya peranan guru dalam proses pembelajarannya. Salah satu peran guru yaitu menguasai materi dan memilih metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya perubahan pandangan dalam pengajaran, dimana guru bukan lagi sebagai pusat, maka diperlukan metode pembelajaran yang bagus. Metode diskusi dan tanya jawab merupakan salah satu dari beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru. Kedua metode ini bukan lagi hanya berpusat terhadap guru akan tetapi siswalah yang menjadi fokus utama dalam aktivitas pembelajaran. Dengan adanya berbagai metode yang digunakan diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPSdi SMPN 1 Jenangan, 2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran tanya jawab terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan, 3) mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab terhadap minat belajar siswa di SMPN 1 Jenangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan angket dalam pengumpulan data. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS Versi 21.
Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Metode pembelajaran diskusi berpengaruh secara parsial terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan; 2) Metode pembelajaran tanya jawab berpengaruh secara paarsial terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan; 3) Metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab berpengaruh secara simultan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:02
Last Modified: 02 Jun 2021 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14606

Actions (login required)

View Item View Item