PENANAMAN NILAI RELIGIUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SMALB PGRI KAWEDANAN MAGETAN

IHSANUDIN, ANNAS (2021) PENANAMAN NILAI RELIGIUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SMALB PGRI KAWEDANAN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WATERMAK ANNAS IHSANUDIN_210317426_TARBIYAH ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (1).pdf

Download (975kB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai-nilai religius ditanamkan tidak hanya untuk anak normal pada umumnya saja, tetapi juga untuk anak-anak penyandang disabilitas fisik atau yang lebih dikenal sebagai anak berkebutuhan khusus, guna mengajari mereka bagaimana berperilaku dalam masyarakat di kemudian hari.
Tujuan penelitian dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui nilai- nilai religius yang ditanamkan di SMALB PGRI Kawedanan Magetan; untuk mengetahui metode penanaman nilai-nilai religius di SMALB PGRI Kawedanan Magetan; dan untuk mengetahui implikasi dari strategi penanaman nilai-nilai religius di SMALB PGRI Kawedanan Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil objek SMALB PGRI Kawedanan Magetan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Proses pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai religius pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SMALB PGRI Kawedanan Magetan sebagai berikut: Nilai-nilai Religius yang Ditanamkan di SMALB PGRI Kawedanan Magetan meliputi nilai ibadah, nilai akhlak, nilai kedisiplinan. Strategi yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai religius oleh SMALB PGRI Kawedanan Magetan meliputi kegiatan pembelajaran di kelas yang diselingi dengan pemberian motivasi dan nasehat, melalui program-program kegiatan keagamaan yang dibagi dalam kegiatan harian dan kegiatan bulanan atau tahunan, serta melatih dan membimbing peserta didik untuk terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga menghasilkan implikasi dari penanaman nilai-nilai religius berupa sebuah budaya religius dengan ditandai karakter religius pada peserta didik yang meningkat, peduli dengan sesama, serta kedisiplinan yang meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: LIA AMALIA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:00
Last Modified: 02 Jun 2021 04:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14604

Actions (login required)

View Item View Item