Pengaruh Tingkat Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) dan Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa di MTs Miftahussalam Slahung Tahun Ajaran 2020-2021

Sai'diyah, Izzatu (2021) Pengaruh Tingkat Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) dan Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa di MTs Miftahussalam Slahung Tahun Ajaran 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317424_IZZATU SA'DIYAH_PAI (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sai’diyah, Izzatu. 2021. Pengaruh Tingkat Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) dan Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa di MTs Miftahussalam Slahung Tahun Ajaran 2020-2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd..

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Pendidikan Agama dalam Keluarga, Perilaku Menyimpang
Perilaku menyimpang merupakan tindakan atau perilaku seseorang yang tidak sesuai dengan norma atau aturan yang berlaku pada daerah setempat. Dalam kehidupan bermasyarakat segala perilaku manusia dibatasi oleh beberapa aturan yang dianggap baik oleh masyarakat. Terjadinya perilaku menyimpang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya kecerdasan spiritusal dan pendidikan agama yang dimiliki seseorang tersebut. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang dalam memahami makna kehidupan serta mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. ketika seseorang mampu mengendalikan dirinya serta memiliki ilmu pendidikan agama yang cukup sudah bukan hal mustahil seseorang tersebut akan lebih berhati-hati dalam berbuat karena hal tersebut akan merugikan dirinya serta orang lain. Berdasarkan pengamatan yang pernah peneliti lakukan saat magang 1 & 2 di MTS Miftahussalam Slahung menemukan beberapa perilaku siswa yang menyimpang yaitu: pakaian seragam sekolah (baju dikeluarkan), berbicara tidak sopan kepada guru, membuat gaduh saat proses pembelajaran berlangsung, kekantin saat jam pelajaran, bolos sekolah, tidak mau mengerjakan tugas dan tidak memperhatikan saat guru menerangkan materi saat dikelas. Perilaku-perilaku tersebut dapat menghambat berlangsungnya proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap perilaku menyimpang di MTs Miftahussalam Slahung tahun ajaran 2020-2021. (2) Menjelaskan pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap perilaku menyimpang siswa di MTs Miftahussalam Slahung tahun ajaran 2020-2021.(3) Menjelaskan pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual dan pendidikan agama dalam keluarga terhadap perilaku menyimpang siswa di MTs Miftahussalam Slahung tahun ajaran 2020-2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa MTs Miftahussalam slahung berjumlah 38 siswa dari 150 siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi untuk mendapatkan data penelitian. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan angket dan observasi. Analisis data menggunakan rumus regresi sederhana dan ganda.
Berdasarkan analisis data menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan spiritual terhadap perilaku menyimpang siswa di MTs Miftahussalam Slahung tahun ajaran 2020/2021 yang diperoleh Fhitung = 504,630 > Ftabel = 4,11 sehingga dan Ha diterima. Dengan presentase pengaruh sebesar 93,3% sedangkan 6,7% dipengaruhi faktor yang tidak termasuk dalam model. (2) Ada pengaruh yang signifikan pendidikan agama dalam keluarga terhadap perilaku menyimpang siswa di MTs Miftahussalam Slahung tahun ajaran 2020/2021 yang diperoleh Fhitung = 165,375 > Ftabel = 4,11 sehingga dan Ha diterima. Dengan presentase pengaruh sebesar 82,1% sedangkan 17,9% dipengaruhi faktor yang tidak termasuk dalam model. (3) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual dan pendidikan agama dalam keluarga terhadap perilaku menyimpang siswa di MTs Miftahussalam Slahung tahun ajaran 2020/2021 yang diperoleh Fhitung = 283,665 > Ftabel = 3,25 sehingga dan Ha diterima. Dengan presentase pengaruh sebesar 94,2% sedangkan 5,8% dipengaruhi oleh faktor tidak termasuk dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:23
Last Modified: 02 Jun 2021 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14598

Actions (login required)

View Item View Item